Pemkot Balikpapan Menunjuk Plt Dirut Perumda Tirta Manuntung Purnawati.

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Masa pelaksana tugas Dirut Perumda Tirta Manuntung Rahmad Julianto telah berakhir. Dikarenakan berdasarkakan aturan Plt boleh menjabat hanya 6 bulan. Kini kedudukan Plt Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung dijabat Purnawati yang ditunjuk Pemerintah Kota Balikpapan.

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), menyebutkan bahwa penunjukan untuk Plt di lingkungan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) maksimal 6 bulan,” tegas Kepala Bagian Perekonomian Daerah kota Balikpapan, Sri Hartini Anugrah kepada awak media,Rabu (22/6/2022).

Sri Hartini menjelaskan, adapun penunjukan Plt Dirut yang baru ini dilakukan untuk mengawal rencana tahapan seleksi Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung atau PDAM yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Untuk jabatan Purnawati diakui sewaktu-waktu berakhir ketika sudah ada pelantikan Dirut yang baru nantinya,” ujarnya.

Lanjut Sri Hartini, untuk jabatan Dirut PDAM kini menunggu lelang, karena memang ada beberapa syarat administrasi yang juga harus dipenuhi. Berdasarkan PP, bisa dipercepat karena kalau lelang sudah dilaksanakan dan sebelum masa habis jabatan Plt dilakukan pelantikan maka dapat gugur.

Berita sebelumnya, Walikota Balikpapan telah melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan periode 2022-2026 di Auditorium Kantor Wali Kota Balikpapan.

Walikota Balikpapan Rahmad Masud mengingatkan kepada Dewas yang baru dilantik agar mampu menunjukkan kinerja yang optimal dalam rangka mendorong pembenahan internal maupun ekternal Perumda. “Selamat kepada dewan pengawas yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Dewas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan dan Perumda Manuntung Sukses,” tegasnya.

Lanjut Rahmad kinerja Dewas yang telah diamanahkan diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Pemkot Balikpapan. Terpilih sebagai Ketua Dewas Perumda Tirta Manuntung Balikpapan adalah Muhaimin, ST, MT yang merupakan Pj Sekda Balikpapan. Anggotanya Rusdhie A Gani dan Supriadi yang berasal dari Independen.(*/db)

Bagikan:

Related posts