Suport SDM Lokal, Politeknik Sinar Mas Berau Coal Berikan Beasiswa dan Program Bintalsik

Foto bersama Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Managemen PT Berau Coal beserta undangan lainnya usai penyerahan beasiswa bagi mahasiswa Politeknik Sinar Mas secara simbolis.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Peran serta PT Berau Coal (BC) dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal di Kabupaten Berau melalui Politeknik Sinar Mas Berau Coal dengan memberikan beasiswa. Kali ini dimana dari 86 mahasiswa baru masuk di poltek, ada 43 mahasiswa dan 2 Instruktur diberikan beasiswa penuh selama menjalani pendidikan. 

Penyerahan beasiswa tersebut diberikan bersamaan dengan kegiatan Bina Mental dan Fisik (Bintalsik) mahasiswa baru Poltek Sinar Mas baru baru ini. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Berau Sri Juniarsih Mas yang sekaligus ikut menyerahkan beasiswa kepada para mahasiswa penerima.

Selain itu hadir juga Ketua DPRD Berau Madri Pani, Komandan Skadron 13 Serbu Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita, Direktur Politeknik Sinar Mas Krisna Adi Nugraha, Managemen PT BC, perwakilan mitra PT BC serta undangan lainnya. 

Pada kesempatan itu Bupati Berau Sri Juniarsih Mas saat diminta tanggapannya mengatakan, kontribusi PT BC dalam meningkatkan SDM lokal melalui pendidikan vokasi yang saat ini di jalankan sangat diapresiasi. Terlebih lagi, sebelum menempuh pendidikan mahasiswa baru Poltek Sinar Mas juga dibekali bintalsik guna melatih mental, fisik dan kedisiplinan.

“Komitmen PT BC dalam memberdayakan SDM lokal sangat kami apresiasi. Ditambah banyak dari mahasiswa baru Poltek tersebut masuknya melalui jalur beasiswa dari Berau Coal. Peluang beasiswa seperti ini tidak mudah didapat, karena itu saya meminta agar para mahasiswa yang mendapat amanah bisa menempuh pendidikannya dengan baik dan sungguh-sungguh di Politeknik tersebut. Harapannya, agar ketika lulus nanti siap terjun ke dunia kerja, dan mendapat pekerjaan sesuai dengan bidang keilmuan yang digeluti,” kata Petinggi di Bumi Batiwakkal tersebut.

Masih ditempat yang sama tanggapan Ketua Umum Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal Horas Parsaulian Pardede mengatakan, Jadi bagi 43 mahasiswa yang masuk melalui jalur beasiswa, termasuk kepada 2 instruktur Politeknik Sinar Mas yang akan melanjutkan pendidikan lanjutan Magister sepenuhnya akan dibiayai hingga lulus. “Ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan di Berau khususnya terhadap putra daerah,” ungkapnya.

Dijelaskan Horas Parsaulian Pardede juga, adanya program ini bagian dari komitmen PT BC untuk meningkatkan SDM dan kemajuan pendidikan di Bumi Batiwakkal dalam rangka mendukung program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Karena pihaknya memang berfokus pada dua pilar yakni pengembangan pendidikan dan peningkatan peluang ekonomi di Berau.

 “Harapan kami khususnya melalui peningkatan SDM lokal, kedepan dapat menjadi tenaga kerja yang handal dan profesional. Kalaupun membuka usaha mandiri, mampu menjadi pelaku ekonomi yang dapat membuka peluang usaha kerja baru. Dan mengenai Bintalsik, tahun ini digelar dengan 3 angkatan sekaligus. Kebapa demikian, karena sejak pandemi covid-19 ditiadakan,” ujar beliau.

Sementara menurut Direktur Politeknik Sinar Mas Krisna Adi Nugraha mengatakan, dalam menerima mahasiswa baru pihaknya memang menyesuaikan dengan tepat praktek yang tersedia. Dengan tujuan, mahasiswa mendapatkan tempat, dan tidak ada yang menunggu antrian terlalu lama.

Namun untuk tahun 2022 ini, pihaknya akan kembali membuka penerimaan mahasiswa baru pada Desember mendatang untuk angkatan tahun 2023. Adapun untuk angkatan 2018, akan dilaksanakan program diploma IV, yang direncanakan di akhir tahun 2022 ini. Di mana tahun 2022 itu merupakan tahun pertama yang akan mewisuda sebanyak 20 orang. “Paling lambat itu diawal tahun 2023 atau Januari, tapi bisa dilakukan pada Desember ini,” jelasnya.

Sedangkan Komandan Skadron 13 Serbu Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita menuturkan, dirinya lebih menanggapi dalam hal pelatihan bintalsik. Ada beberapa latihan yang diberikan, seperti kemampuan fisik, baris berbaris, mental, hingga materi jalan malam. “Pada intinya melatih fisik dan mental mereka. Harapannya, meskipun hanya kurang lebih 5 sampai 6 hari, tapi melalui bintalsik mampu memberikan manfaat bagi seluruh peserta agar memiliki fisik dan mental yang kokoh,” jelasnya.

Kemudian salah seorang mahasiswi baru peserta bintalsik bernama Sitti mengatakan, kesempatan menempuh pendidikan di Politeknik melalui jalur beasiswa merupakan anugerah buat dirinya. Sehingga peluang ini tidak akan dirinya sia-siakan, karena kalau tidak mendapat beasiswa ini berat untuknya melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, karena dalam urusan finasial keluarga kurang mampu.

“Sebagai bentuk rasa syukur saya bertekad akan belajar dengan sungguh-sungguh, agar nantinya bisa lulus pendidikan dengan nilai terbaik. Saya bersama dengan rekan lain, yang masuk melalui jalur beasiswa, mengucapkan banyak terima kasih kepada Poltek Sinar Mas PT Berau Coal. Semoga kami bisa mempertahankan prestasi ini,” papar mahasiswi yang berasal dari Bebanir Bangun tersebut. (nht)

Loading