DPRD Tekankan Pengawasan Terhadap Ormas Ditingkatkan Mencegah Keluar Jalur

Foto Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Berau Rudi P Mangunsong.

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Memasuki tahun-tahun politik, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau menekankan kepada Pemerintah Kabupaten melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), untuk pengawasan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) ditingkatkan. Tujuannya sebagai upaya antisipasi terhadap Ormas yang nakal atau tumbuh tanpa pengawasan sehingga keluar jalur.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi I yang membidangi terkait Kesbangpol yakni Rudi P Mangunsong saat dijumpai dikantor DPRD Jl Gatot Subroto Kecamatan Tanjung Redeb, Selasa (31/1/2023). “Kenapa perlu dilakukan pengawasan ketat, sebab berdasarkan informasi yang kami terima bahwa jumlah Ormas di Bumi Batiwakkal ini sejak pasca pandemi covid 19 semakin meningkat. Tentu kondisi yang ada menjadi pusat perhatian, agar penambahan drastis Ormas selalu dibawah pengawasan Pemerintah daerah,” kata Dewan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Maksudnya, Oraginasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani Ormas diharapkan dewan selain meningkatkan pengawasan dilapangan juga melakukan pendataan untuk jumlah Ormas yang ada saat ini. Melalui pendataan yang ada juga memperjelas untuk diberikan pembinaan guna menghindari bentukan Ormas yang memiliki visi misi tidak jelas. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui jumlah pastinya dari Ormas yang berdiri untuk mudah dalam melakukan pengawasan. “Ormas ini organisasi yang tugasnya membantu masyarakat, makanya dilakukan pengawasan untuk mencegah adanya ormas yang keluar jalur,” terang Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) lembaga legeslatif Berau itu.

Lanjutnya, melalui Badan Kesbangpol berdirinya Ormas Ormas yang semakin menggeliat ini dapat diberikan pembinaan dan mencari tujuan utama dari pendirian Ormas tersebut dan dapat bergerak sesuai bidangnya masing-masing. “Jika bergerak di bidang keagamaan ya disesuaikan dengan jalurnya. Begitu juga dengan bidang seni, budaya, suku, dan bidang lainnya untuk sesuai jalur. Saya harap, Pemkab Berau melalui Kesbangpol harus aktif melakukan pembinaan dan pendataan. Jangan sampai semakin banyak berdirinya Ormas pasca pandemi tumbuh seperti jamur tanpa diiringi pengawasan ketat,” tambah rudi lagi. 

Himbaunnya dari merebaknya Ormas ini, agar menjadi hal positif diharapkan dewan Ormas dapat bergerak aktif dan komitmen dikomunitasnya masing-masing. Untuk menghindari adanya penyimpangan di luar koridor bentukan organisasi tersebut. “Saya orang Batak dan memiliki paguyuban Batak. Jadi, yang diurusi adalah membantu sesama orang Batak yang sakit, meninggal dunia, undangan pernikahan dan saling membantu sesama orang Batak lainnya yang mengalami kesusahan. Begitupun dengan Ormas lain hendaknya melakukan hal positif sebagaimana tujuannya Ormas itu dibentuk,” tutup Rudi P Mangunsong sekaligus menjawab pertanyaan. (Adv/Nht/Asti).

Loading