Warga Sapikng Kesulitan Air Bersih, Polres Kubar Bangun Sumur Bor Persisi Bhayangkara

Loading

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Harapan masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), untuk dapat menikmati aliran air bersih dari jaringan pipa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sangat dinantikan.

Seperti hal yang diharapkan warga Dusun Sapikng RT 13, Kelurahan Barong Tongkok, Kecamatan Barong Tongkok, selama ini berharap agar saluran air bersih PDAM diwilayah ini bisa mengalir ke rumah-rumah warga yang tinggal di sudut Kota Sendawar tersebut.

Oleh karena itu Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman, telah memberikan bantuan pembangunan seperangkat sumur bor serta dua unit kamar mandi cuci kakus (MCK), yang dibangun dilokasi hibah tanah milik Ketua RT 13 Dusun Sapikng ini.

Sumur bor persisi bhayangkara ini dibuat untuk membantu, sedikitnya 100 Kepala Keluarga (KK) di RT 13 Dusun Sapikng. Dimana selama ini mengalami kesulitan dalam mencari air bersih, khususnya di musim kemarau. Karena terpantau selama ini warga setempat menggunakan air sungai untuk dikonsumsi dan kebutuhan sehari-hari.

“Karena selama ini warga disini kesusahan dalam mencari air bersih. Airnya pun diambil dari sungai sapink menggunakan jerigen. Maka saya pun berinisiatif untuk membuat sumur bor agar bisa dinikmati masyarakat,” tutur Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman kepada wartawan, disela peresmian penggunaan sumur bor itu, Jumat (21/7/2023).

Disamping itu keluhan warga pun menghampiri pria akrab disapa Heri ini, tentang ketersediaan air bersih di wilayah pinggiran Kota Sendawar itu. Sehingga ia mencoba untuk mencari donator yang bisa membantu dalam pembangunan sumur bor ini.

“Kedalaman sumur bornya lebih dari 50 meter. Adapun biaya keseluruhannya dengan pembangunan kamar MCK serta tower tempat dan tandonnya mencapai Rp70 juta lebih. Allhamdulillah sumur bor ini bisa bermamfaat untuk kebutuhan air bersih warga Dusun Sapikng,” imbuhnya.

Tidak hanya diwilayah ini, bahkan Polres Kubar juga akan membangun sejumlah sumur bor diwilayah yang perkampungan yang belum teraliri air bersih dari PDAM setempat. AKBP Heri ini menerangkan, program bakti sosial ini merupakan bagian dari bantuan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77.

“Inisiatif pembangunan sumur bor ini, untuk mendukung atas upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Sudah sewajarnya Kepolisian harus ikut berperan dalam upaya mensejahterakan masyarakat disekitarnya. Dan pastinya pada HUT Bhayangkara berikutnya, akan kita bangun sumur bor diwilayah kampung lainnya di Kota Sendawar,” pungkasnya.

Pada peresmian sumur bor Bhayangkara Persisi itu dihari Direktur PDAM Tirta Sendawar, Untung Suropati, Lurah Barong Tongkok Diki Kriswanto, Wakapolres Kubar Kompol I Gde Dharma Suyasa serta para Kabag dan Pejabat Utama Polres dan para Kasat, serta tamu undangan masyarakat setempat. Usai kegiatan tersebut, juga diserahkan bantuan paket sembako kepada warga RT 13 Dusun Sapikng.  

Usai kegiatan

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Publisher : Rina