DKUMKMP Balikpapan Menciptakan Koperasi Sehat

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan mendata sekitar 400 koperasi masih eksis di Balikpapan, dan kini UMKM dan Perindustrian akan mengandeng koperasi, untuk masuk program renstra sehingga menciptakan koperasi sehat.

Menurut  Seketaris DKUMKMP Kota Balikpapan – Muhammad Idris, pihaknya tidak hanya mengiginkan koperasi sehat, melainkan juga  berupaya Koperasi dapat terdaftar di Kemenhukumham agar bisa dibuatkan legalitas hukum.

“Termasuk kerja sama dengan infili atau dengan aplikasi yang bisa multifungsi,  sehingga anggota koperasi bisa mengetahui saldonya,” ujarnya.

Idris menjelaskan, saat ini hubungan koperasi masih berjalan baik ada beberapa bentuk koperasi mulai dari simpan pinjam pemasaran, sehingga  konsumen dapat  bersatu padu meningkatkan ekonomi di masyarakat.

Kini jumlah koperasi binaan Pemerintah Kota Balikpapan sampai Juni 2023 berjumlah 438 unit.  Di antaranya koperasi jasa 17 unit,  koperasi konsumen 354 unit,  koperasi pemasaran 14 unit,  koperasi simpan pinjam konvensional 15 unit,  KSP Pola Syariah 5 unit dan KSP Produsen 33 unit.(db)

Loading