Tingkatkan SDM Masyarakat Lewat Optimalisasi Perpustakaan Desa

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Sebagai upaya  membangun sumber daya manusia (SDM) melalui literasi, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus)  Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengoptimalkan perpustakaan desa walaupun jaman sekarang sudah maju dan serba digital, tetapi optimalisasi perpustakaan desa ini sebagai langkah meningkatkan budaya literasi.

“Jadi kami ingin membangun perpustakaan sampai ke desa untuk membangun SDM masyarakat lewat literasi,” kata Kepala Diarpus Kukar, Aji Lina Rodiah baru-baru ini.

Aji Lina mengatakan pihaknya akan melaksanakan program ini secara bertahap dan di perbaharui tiap tahun. Upaya ini sebagai bentuk kepedulian keberadaan perpustakaan di tengah masyarakat.

“Umpamanya sarana prasarana gedungnya misalnya ada bocor-bocor itu bisa diperbaiki dulu sendiri atau bisa saja melalui CSR dengan pihak-pihak perusahaan,” ungkapnya.

Ia mengajak seluruh perusahaan berkontribusi dalam perpustakaan di wilayah desa atau kecamatan di wilayahnya demi suksesnya program peningkatan SDM membangun lewat literasi dengan optimalisasi perpustakaan desa.

Ia mencontohkan, perusahaan dapat menghibahkan buku-buku ke perpustakaan setempat.

“Selain itu juga tidak terlalu banyak yang mereka keluarkan untuk membantu perpustakaan kita khususnya nanti yang ada perusahaan-perusahaan setempat entah itu di desa atau di kecamatan,” tegasnya.

Walaupun jaman sudah maju dan berkembang, perpustakaan desa ini sangat tetap penting dirasakan manfaatnya. Dengan kehadiran perpustakaan desa, suatu langkah meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat desa setempat.(adv-dpk kaltim/dho)

Loading