Bidhumas Polda Kaltim Himbau Masyarakat di Balikpapan Barat, Cegah Paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme,

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Untuk mencegah paham intoleransi, radikalisme dan terorisme masuk di tengah-tengah masyarakat, Bidhumas Polda Kaltim hadir memberikan himbauan Kamtibmas melalui pemasangan spanduk dan baliho di kawasan pemukiman Kampung Baru Kecamatan Balikpapan Barat Selasa, (17/10/’23).

Hal itu sangat diperlukan agar masyarakat dapat mengerti dan memahami serta terhindar dari paham intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Kabidhumas Polda Kaltim Kombespol Yusuf Sutejo, SIK, MT mengatakan, kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme di tahun 2023 ini telah beberapa kali dilaksanakan. Meliputi, dari Ditbinmas Polda Kaltim pada 17 Mei 2023 di Pondok Pesantren Nur Hidayah Balikpapan. Kemudian dari Ditintelkam Polda Kaltim melaksanakan hal yang sama di Pondok Pesantren Nabil Husein Samarinda. Selanjutnya Polresta Jajaran Polda Kaltim melaksanakan lagi sosialisasi yang sama.

Jadi apa yang di lakukan Bidhumas Polda Kaltim pada Selasa, (17/10’23) dalam melaksanakan Sosialisasi Penanggulangan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme dengan melaksanakan imbauan Kamtibmas melalui pemasangan Spanduk dan Baliho di kawasan pemukiman Kampung Baru Balikpapan Barat, tujuannya sama yaitu dengan harapan masyarakat dan generasi muda yang membaca dapat terindar dari paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme.

Kabidhumas Polda Kaltim menyampaikan bahwa faktor penyebab seseorang terpapar paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme antara lain pemahaman agama yang tidak sempurna, kemiskinan, kesenjangan sosial, rasa putus asa, anti demokrasi, kurangnya edukasi, dan empati yang berlebihan akibat medsos di dalam dan luar negeri serta merebaknya arus globalisasi.

“Tujuan daripada pelaksanaan sosialisasi tersebut untuk mencegah kemungkinan adanya paham Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme. “Ujar Kombespol Yusuf Sutejo.(*/pr-pld)

Loading