500 Juta Untuk Pemasangan Instalasi Listrik di Pasar Mangkurawang

KUTAI KARTANEGARA, Swarakaltim.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dipserindag) Kukar mengalokasikan anggaran Rp500 juta di APBD-Perubahan 2023, untuk pemasangan instalasi listrik di Pasar Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong.

Menurut Kepala Disperindag Kukar Arfan Boma, ada sekitar 100 instalasi listrik yang nantinya akan dipasang oleh PLN.

“Sebenarnya rencana pemasangan listrik tersebut sejak awal 2023, namun baru akan terealiasi di Desember 2023,” sebut Arfan Boma Pratama pada Rabu (22/11/2023).

Untuk saat ini, pihaknya masih menunggu alat dan komponen instalasi dari PLN.

“Kita masih menunggu gardu, kabel, Kwh, dan lainnya,”ucapnya.

Pemasangan instalasi listrik merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah. Jika sudah terpasang, maka kilometer listrik akan dikelola pedagang.”Pedagang sendiri yang membayar vouchernya, karena kita sudah memfasilitasi,” ujarnya.

Selama ini sejumlah pedagang pasar Mangkurawang masih menggunakan listrik pemerintah daerah dan listrik tersebut menjadi tanggung jawab pemerintah.

Sehingga beban tagihan listrik membengkak, karena ada oknum pedagang yang over pemakaian listrik. Akibat itu, pada 2022 lalu, Disperindag mengambil langkah tegas dengan memutus jaringan listrik kepada pedagang yang over pemakaian.(adv-kominfo kukar/bio/dho)

Loading