Asosiasi Mitra Pariwisata dan Ekraf Dukung Sukses Agenda Nasional di Kaltim

Plt Kadis Pariwisata Kaltim Ririn Sari Dewi didampingi Kabid Pemasaran Disbudpar Kaltim Restiawan Baihaqi ketika memaparkan kesiapan pelaksanaan empat agenda nasional 2024 di Kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Sebanyak 15 asiosiasi mitra Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf)  sangat mendukung suksesnya empat agenda nasional yang digelar sejak Mei sampai September 2024 di di Kalimantan Timur.

Dikatakan   Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Timur Ririn Sari Dewi, S.IP., M.Si., agenda nasional yang didukung itu berupa Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLIV yang diikuti 1.845 orang dari Akmil, AAL, AAU, IPDN, Poltek SSN, Kadet, mahasiswa Unhan, pengasuh dan pendukung lainnya, di PPU, Samarinda dan Balikpapan, 2-8 Mei 2024.

Masih di bulan yang sama, 27-31 Mei 2024, di Samarinda, dilaksanakan Rapat Kerja Kearsipan Nasional, yang dihadiri 2.500 orang dari seluruh Indonesia.

Sesuai dengan rencana Sekretariat Negara, dipastikan upacara kenegaraan HUT RI, 17 Agustus 2024 dilaksanakan di IKN dan PPU. Sedikitnya bakal dihadiri 3.000 orang.

“Sebagai puncak kegiatan nasional yang dihelat di Kaltim adalah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional 2024 di Samarinda, 20-30 September 2024 di Samarinda. Kafilah dari seluruh berjumlah 7.000 orang,” ucap Ririn Sari Dewi yang juga staf ahli Gubenur Kaltim di hadapan 15 asosiasi mitra Pariwisata dan Ekraf  di ruang Sapta Pesona, Dispar Kaltim, Selasa (16/1/2024).

Dari empat kegiatan tersebut, ujar Ririn Sari Dewi, Dispar Kaltim mendapat tugas menyukseskan dalam ihwal yang berhubungan dengan kepariwisataan dan  ekonomi kreatif.

Ririn Sari Dewi merasa bersyukur, kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata dan ekraf didukung asosiasi mitra.

Dukungan asosiasi mitra pariwisata dan ekraf itu disampaikan para ketua Asida, IHGMA, ASPPI, Astindo, GIPI, HPI, ICA, APJI, Asperapi, Ivendo, PHRI, PPJI, ASITA, Masata, PUTRI. . “Serta Disporapar Samarinda, Disporapar Balikpapan dan Disbudpar PPU serta Dishub Kaltim,” timpal Kabid Pemasaran Dispar Kaltim Restiawan  Baihaqi.

Menurut Restiawan Baihaqi, dari para mitra, Disporapar Samarinda, Balikpapan dan PPU diharapkan masukan dan dukungannya dengan data hotel, wisma, penginapan, guest house, data penyedia kebutuhan makanan palawija dan katering, data penyedia atau vendor peralatan dan penunjang acara serta data event organizer (EO).

“Kami sangat mendukung pelaksanaan  empat agenda nasional tersebut. Bentuk dukungan itu menurut kami harus diwujudkan dalam pertemuan selanjutnya. Siapa mengerjakan apa,” ucap Ketua Asperapi Kaltim H. Rusdiansyah Banjar.

Secara teknis para asosiasi diberikan  penugasan, lanjutnya, misalnya Asperapi mendata EO yang berkaitan industri MICE.

“Avendo mengkoordinasikan EO atau vendor. PPJI misalnya mendata dan mengkoordinasikan katering dan PHRI mendata yang berhubungan dengan akomodasi,” ucapnya.(dho)

Loading