Cetak Atlet Usia Dini, AkadeSAMARINDA, Swarakaltim.commi DBON Diluncurkan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Akhirnga Akademi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kalimantan Timur sebagai wadah mencetak atlet potensi usia dini asli dari Kaltim, akhirnya resmi diluncurkan, di aula Dispora Kaltim Gelora Kadrie Oening, Senin (1/4/2024).

Dalam sambutannya, penggagas berdirinya DBON Kaltim Isran Noor menyatakan kebanggaannya atas prestasi olahraga yang telah diraih oleh Kalimantan Timur.

“Kita pantas berbangga atas provinsi kita, yakni Kalimantan Timur, khususnya dalam bidang olahraga yang terbilang bagus, prestasi kita terukur dalam event nasional terutama di ajang PON,” ujar Isran gubernur Kaltim periode 2018-2023.

Isran juga menekankan pentingnya persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 yang akan diselenggarakan di Sumatera Utara dan Aceh.

“Sekarang kita harus mulai melatih 120 atlet dari Kalimantan Timur yang siap meraih medali di PON ke-21 di Sumatera Utara dan di Aceh,” tambahnya.

Acara peluncuran ini juga menjadi momentum untuk memperkenalkan program pembinaan atlet olahraga usia dini di Kalimantan Timur.

“Saat ini sedang berlangsung persiapan atau pembinaan atlet olahraga usia dini, dari 6 hingga 15 tahun, kita upayakan untuk memberi dukungan selalu,” tutup Isran.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kalimantan Timur selaku Kepala Sekretariat DBON Kaltim Agus Hari Kusuma saat mewakili Sekda Provinsi Kaltim melaunching Akademi DBON tersebut menyampaikan terima kasih atas segala perjuangan para atlet provinsi Kaltim yang berhasil menduduki posisi saat ini.

“Selamat kepada para atlet yang berhasil menduduki posisi saat ini, semangat juga menghadapi tantangan pertandingan ke depannya, dan terima kasih telah mampu berjuang, berlatih, dan mengharumkan nama Kalimantan Timur,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala Pelaksana Sekretariat DBON Kaltim, Zairin Zain menyampaikan ada beberapa tahap yang sudah berhasil dilewati, diantaranya penjaringan atlet sebanyak 120 atlet usia dini se Kaltim hingga menyiapkan venue latihan.

Zairin mengaku baru ada tujuh cabang olahraga (Cabor), sementara tujuh lainnya masih menunggu pembangunan venue latihan yang akan dirampungkan pada 2025 mendatang.

“Kita menunggu venue latihan, yang akan dibangun di kompleks stadion ini. Mudah-mudahan di dalam pelaksanaannya setelah Lebaran ini, bisa segera terlihat hasilnya,” tutupnya.(adn)

Loading