Pemkab Berau dan Forkopimda Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

Foto Kegiatan rapat secara daring

TANJUNG REDEB, swarakaltim.com – Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2024 melalui zoom meeting, Senin (1/4/2024). Sejumlah pejabat Pemkab Berau bersama Forkopimda juga turut hadir mengikuti Rakor tersebut di ruang Telecoverence Diskominfo, Jl APT Pranoto, Tanjung Redeb.
Rakor tersebut dilaksanakan bersamaan dengan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Jelang Idul Fitri 1445 H, bersama Kepala Badan Pangan Nasional, Menteri Pertanian dan Menteri Perindustrian Dalam Negeri. Rapat koordinasi daring ini diinisiasi sebagai respons terhadap pentingnya kerja sama lintas sektor dan lintas daerah dalam menghadapi tantangan ekonomi, terutama dalam menjaga stabilitas harga dan mencegah terjadinya lonjakan inflasi yang dapat merugikan masyarakat.
Berbagai isu penting dibahas, termasuk pemantauan harga-harga kebutuhan pokok, peran sektor-sektor terkait dalam menjaga stabilitas pasokan barang, serta upaya-upaya kolaboratif antar-daerah dalam meningkatkan produksi dan distribusi. Apel siaga yang digelar dalam pertemuan itu juga sebagai launching gerakan pangan murah di 38 Provinsi dalam rangka pengamanan pasokan dan harga pangan untuk memenuhi kebutuhan pokok beras, daging, minyak, gula, bawang dan barang lainnya. Hal ini dilakukan secara konsisten dilakukan Pemerintah dalam rangka menjaga stabilitas harga barang jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
Kepala Badan Pangan Nasional, Arif Prasetyo Adi, menyampaikan pihaknya bersama dengan stakeholder pangan lainnya terus melakukan monitoring perkembangan harga. “Kegiatan ini tidak akan terlaksana apabila tidak didukung oleh seluruh stakeholder pangan lainnya,” kata Arif Prasetyo Adi melalui siaran zoom meeting.
Arif Prasetyo Adi juga meminta agar harga bahan pangan, terutama beras sebagai kebutuhan pokok masyarakat bisa lebih terkendali di pasaran. Hal ini juga harus diimbangi dengan stok kebutuhan pokok yang aman. Sehingga diharapkan bisa menekan laju inflasi di daerah menjelang hari raya Idulfitri 1445 Hijriah. Diskominfo Berau. (Nht/Oz/Diskominpo).

Loading