Kakek 60 Tahun Tersangka Curanmor di Samarinda Akui Terdesak Faktor Ekonomi.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Seorang pria lanjut usia, berinisial SH (60), warga asal Nganjuk, Jawa Timur, ditangkap oleh tim Reskrim Polsek Samarinda Ulu setelah terbukti melakukan pencurian 21 sepeda motor di berbagai lokasi di Samarinda.

Penangkapan ini terjadi pada Rabu, 12 Juni 2024, setelah SH mencuri motor di Jalan Pangeran Suryanata, Kelurahan Air Putih.

Menurut Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli, SH dengan didampingi oleh Kapolsek Samarinda Ulu Kompol Yasir mengatakan bahwa SH melakukan aksinya sendirian dan telah beroperasi sejak tahun 2023.

“Pelaku beraksi di beberapa kecamatan, termasuk Samarinda Ulu, Sungai Pinang, Sungai Kunjang, dan Palaran,” kata Ary Fadli dalam konferensi pers di Polsek Samarinda Ulu, Senin (24/6/2024).

“Berdasarkan hasil introgasi tersangka, modus operandi SH adalah mencari motor yang ditinggalkan pemiliknya dengan kunci masih tergantung,” ucapnya.

“Setelah berhasil mencuri, SH menjual motor-motor tersebut, ke pekerja perkebunan dengan harga antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, dengan alasan motor tersebut masih dalam status kredit,” jelas Ary Fadli.

“Total ada 21 motor yang sudah kami amankan sebagai barang bukti. SH melakukan semuanya sendiri, tanpa bantuan pihak lain,” tambah Ary Fadli.

Saat diwawancarai, SH mengakui bahwa motif di balik tindakannya adalah tekanan ekonomi.

“Saya terpaksa melakukan ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membantu anak di Jawa,” ujarnya.

“Dan, Saya tidak punya tempat tinggal tetap di sini,” ungkap SH.

Dia juga mengaku biasanya beraksi pada siang hari karena kondisi penglihatannya tidak memungkinkan untuk beroperasi di malam hari.

SH kini ditahan di Polsek Samarinda Ulu dan dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Pihak Kepolisian masih mendalami kemungkinan adanya motor lain yang belum ditemukan, mengingat SH mengaku tidak ingat semua lokasi pencurian yang dilakukannya.

Kasus ini menjadi perhatian serius pihak kepolisian, yang terus berupaya mengungkap semua aspek dari tindak kejahatan yang dilakukan SH, serta memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat Samarinda. (Ai)

Loading

Bagikan: