Gerindra Punya Cara Sendiri Jaring Wakil Bupati Mahulu

MAHAKAM ULU, Swara Kaltim – DPC Partai Gerindra Kabupaten Mahakam Ulu punya cara lain dalam menjaring bakal calon wakil bupati (bacawabup) yang akan mendampingi  Bonifasius Belawan Geh SH, sebagai calon tunggal Bupati dari partai besutan Prabowo Subianto itu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penjaringan Bakal Kepala Daerah Kabupaten Mahulu, Novita Bulan SE,MBA melalui Sekretaris Tim Penjaringan itu, Hendrikus Keling SE, kepada awak media, di Sekretariat DPC Gerindra, Jl Bang Juk RT 10, Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, Senin (7/10/2019).

Menurut Keling, pengurus Partai Gerindra sudah melakukan musyawarah dan sepakat untuk tidak membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati (bacabup) karena partai berlambang burung garuda itu, telah memiliki figur yang berkualitas yang diusung menjadi calon bupati.

“Keputusan partai kami hanya menjaring calon wakil bupati saja. Kami tidak akan melakukan pembukaan pendaftaran untuk calon bupati. Sebab, kami telah memiliki sosok pemimpin yang saat ini masih aktif sebagai Bupati Mahulu periode 2016-2021, yaitu Bonifasius Belawan Geh SH,” ungkap Keling.

Namun untuk diketahui, imbuh Keling, kriteria bakal calon wakil bupati dan yang siap berlaga mendampingi calon bupati petahana pada pilkada mendatang harus memiliki daya saing yang memadai dan dibuktikan dapat menghantarkan Gerindra menjadi pemenang pada pilkada mendatang.

Dari hasil pendaftaran bakal calon wakil bupati, tambah Keling, akan dijaring sebanyak-banyaknya. ”Kami membuka seluas-luasnya pendaftaran ini kepada partai lainnya dan warga Kabupaten Mahulu untuk mendaftar. Silahkan bagi siapa saja berminat mendaftar, yang pasti tampa mahar alias geratis,” ajaknya.

Pria yang kini menjadi anggota DPRD Mahulu ini menjelaskan, setiap partai politik memiliki mekanisme yang berbeda-beda. Kata dia, masing-masing partai mempunyai hak dan kewenangan untuk melakukan cara penjaringan maupun penyaringan mulai dari calon bupati/walikota, wakil bupati dan wakil walikota.

Disinggung terkait format penjaringan bakal calon wakil bupati melalui pendaftaran tersebut, Ia menyebut, tim khusus nantinya akan lebih proaktif mensurvei elektabilitas masing-masing bakal calon sebagai pembanding. Mulai bakal calon wakil bupati yang sudah muncul atau pun yang belum terdengar di tengah masyarakat.

“Untuk menentukan siapa yang akan terpilih menjadi calon wakil bupati mendampingi calon bupati kita Bonifasius Belawan Geha SH. Itu semua melalui keputusan DPD dan DPP pusat. Semetara melalui pendaftaran sampai proses pengumuman calon wakil terpilih, DPC Gerindra Mahulu tidak mengenal mahar sehingga tidak ada biaya sama sekali yang kami pungut kepada pendaftar,” pungkas Keling.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Bagikan:

Related posts