Sosialisasikan PKPU 2019, KPU dan Polres MoU Pengamanan Pilkada Kubar

Loading

KUTAI BARAT, Swara Kaltim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar sosialisasi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, sesuai PKPU Nomor 15 tahun 2019, berlansung di Hotel Sidodadi Barong Tongkok, Ibu Kota Sendawar, Kamis (7/11/2019).

Ketua KPU kubar Arkadius Hanye mengatakan, ada 19 tahapan yang disampaikan dalam sosialisasi yang diikuti TNI, Polri, Kesbangpolinmas, Satpol PP, Disdukcapil, dan Bawaslu Kubar, serta partai politik di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Diantaranya tahapan yang  terkait penetapan dan pengumuman hari pemungutan suara, tahapan dan syarat minimal dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati/perseorangan, masa pendaftaran pasangan calon, kampanye dan debat publik, hingga penetapan pasangan calon terpilih tampa permohonan perselisihan hasil pemilihan.

“KPU Kubar hingga saat ini telah melaksanakan sejumlah tahapan pilkada sejak 1 Oktober lalu, dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Darah (NPHD). Kemudian sosialisasi kepada masyarakat 1 November kemarin. Dimana disampaikan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Kubar dilaksanakan 23 September 2020 mendatang, “ungkap Arkadius Hanye kepada wartawan, usai kegiatan tersebut.

Ditambahkan dia, dari tahapan pilkada yang ada. Kedepannya akan dilakukan pembentukan PPK dan PPS dimulai pada 1 Januari hingga 21 Maret 2020 mendatang. Disusul pembentukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) sejak 16-23 April 2020. Setelah itu pembentuka KPPS pada 21 Juni hingga 21 Agustus 2020 nanti.

“Sosialisasi itu sesuai dengan isi PKPU Nomor 15 Tahun 2019, yakni tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaran Pilkada serentak khususnya wilayah Kabupaten Kubar tahun 2020 mendatang. Ini bagian pra-kegiatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar 2020 mendatang,” pungkas Hanye.

Diketahui, sosialisasi itu juga dilakukan penandatangan MoU antara KPU dan Polres Kubar dalam rangka pengamanan penyelenggara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubar tahun 2020 mendatang.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi