Anak Beruang Madu Menarik Perhatian Wagub Kaltim

SANGATTA, Swara Kalti – SEEKOR anak Beruang Madu  (Helarctos malayanus) yang diamankan di Balai TNK, menjadi perhatian Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi. Usai melepas peserta Lintas Alam Wisata Rally XIII dan Main Gate Sangkima Jungle Taman Nasional Kutai (TNK) Kutai Timur (Kutim), Sabtu (9/11), ia mengamati serius anak beruang yang diketahui banyak di Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan.

Ketika melihat anak beruang yang begitu sehat, Hadi berharap setelah dilakukan rehabilitasi segera dilepas ke alam liar agar bisa berkembang biak. Anak beruang yang telah menjadi Maskot Kota Balikpapan ini, ditemukan warga masyarakat kemudian diserahkan ke Balai TNK.

Kepala Balai TNK Nur Patria Kurniawan mengaku tidak mengetahui induk beruang malang yang kini berada dalam pengawasan Balai KSDA Kaltim ini. Kepada Wagub Hadi Mulyadi, sejak ditemukan perawatan terhadap anak beruang madu ini terus dilakukan dengan memberi makanan alami serta susu yang dicampur dengan madu.

“Kondisi kesehatan dan pertumbuhannya terus dipantau, selama ini anak beruang madu ini dirawat tim relawan yang kesemuanya mahasiswa Unmul,” beber Nur Patria.

Wagub Hadi Mulyadi yang tampak antusias melihat anak beruang madu yang berada dalam keranda besi, sempat mengelus-mengelus bagian tengkuk. Tidak itu saja, ia memberi minum susu yang sudah disediakan sang pengasuh.

“Adanya beruang madu di Sangatta ini, menandakan di kawasan ini terdapat beruang madu karenanya masyarakat perlu diedukasi agar tidak melakukan tindakan yang dapat mengancam keselamatan beruang madu termasuk orang utan dan satwa lainnya,” pesan Hadi seraya memperhatikan wajah anak beruang madu yang begitu semangat menikmati susu yang diberikan Wagub Kaltim ini. (sdn)

Bagikan:

Related posts