BKD Rilis Persiapan Proses Penerimaan CPNS 2019

Loading

Pemprov Masih Buka Pendaftaran

SAMARINDA, Swara Kaltim – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim secara khusus melakukan jumpa pers kepada seluruh media di Benua Etam, dalam rangka persiapan proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemprov Kaltim, di Kantor BKD Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Sabtu (23/11/2019).

Pernyataan ini langsung disampaikan Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih. Ardiningsih mengatakan, Pemprov Kaltim mendapat jatah formasi CPNS oleh pusat sebanyak 368 yang terbagi Tenaga Pendidik sebanyak 252 penerima, Tenaga Kesehatan 71 dan Tenaga Teknis 45.

Pendaftaran CPNS sudah dibuka sejak 12-28 November mendatang.

“Hingga saat ini pendaftar online sudah mencapai 4.833. Berkas masuk 1.344. Yang jelas kami hingga sore masih menerima berkas dokumen pendaftaran yang dikirim melalui Kantor Pos,” kata Ardiningsih didampingi Sekretaris BKD Kaltim Nina Dewi, Kabid Mutasi Kustiningsih, Kabag Kehumasan Biro Humas Setprov Kaltim Andik Riyanto dan Kasubbag Publikasi Biro Humas Inni Indarpuri.

Menurut Ardiningsih, penerimaan di lingkup Pemprov juga menerima mereka yang statusnya disabilitas sebanyak 9 formasi dan cumlaude 6 formasi. Karena sesuai amanat undang-undang.

“Karena itu, hingga saat ini Pemprov Kaltim masih membuka penerimaan CPNS,” jelasnya.

Dari jumpa pers tersebut, Ardiningsih juga mempersilahkan media yang ada saat ini untuk melihat bagaimana Tim BKD Kaltim menerima berkas yang masuk hingga merekap hingga tuntas dan selanjutnya baru diserahkan ke Pemerintah Pusat atau BKN untuk memverifikasi. Setelah itu, barulah ada nomor peserta yang diterbitkan pusat.

Untuk diketahui, setelah dinyatakan lolos. Peserta selanjutnya mengikuti mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan Februari 2020 dan pengumuman hasil tersebut disampaikan pada Maret 2020. SKD diselenggarakan dengan metode tes dibantu komputer/Computer Assisted Test (CAT).

Dalam menyelenggarakan SKD, Panitia mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi Nasional. Kelulusan SKD ditetapkan oleh Panitia Seleksi Pemprov Kaltim.

Selanjutnya, dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020 dan pengumuman hasil itu atau hasil akhir disampaikan April 2020. SKB diikuti oleh pelamar yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).(aya/sk)