Suka Cita Natal, Pawai Kendaraan Hias Tradisi Unik Pemkab Kubar

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) memiliki tradisi yang unik dalam perayaan Natal setiap tahunnya. Salah satunya yakni dengan menggelar pawai atau karnaval kendaraan hias, yang diikuti ribuan masyarakat dari berbagai golongan pun tumpah ruah menyemarakan perayaan tersebut.

Tampak ratusan kendaraan hias roda empat dan roda dua dihiasi berbagai ornamen natal, mengambil bagian tersusun rapi oleh panitia pawai di lapangan Alun Alun Itho Sendawar, yang siap dilepas oleh Sekdakab Kubar Yacob Tullur, didampingi Kapolres AKBP Roy Satya Putra, Dandim 0912/Kbr Letkol Inf Anang Syofyan Effendi, Sabtu (28/12/2019).

Kendaraan yang telah dihiasi seperti ornamen bahtera natal, pohon natal, serta pernak-pernik lainnya dengan berbagai warna ini, merupakan kendaraan dari instasi pemerintah dan DPRD setempat, yang juga diikuti instansi vertikal seperti TNI-Polri, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri serta masyarakat.

Adapun pesertanya, terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pegawai dan pejabat lingkup Setkab Kubar, Jemaat Gereja, serta anak-anak dan orang dewasa. Kendaraan hias yang mereka bawa perlahan mengelilingi Ibukota Sendawar tampak bergembira dan sambil bernyanyi.

Dalam sambutan tertulis Bupati Kubar FX Yapan yang disampaikan Sekdakab Kubar Yacob Tullur mengatakan, pelaksanaan pawai natal ini hendaknya dapat dijadikan cermin, acuan serta ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat terutama kepada jemaat gereja agar lebih aktif dalam dukungan serta partisipasi keterlibatannya dalam pembangunan daerah.

“Pawai kendaraan hias ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan Natal 2019. Hendaknya hal ini dimaknai secara mendalam sebagai bagian untuk mempersatukan iman dan tidak hanya sebagai seremonial kemeriahan saja. Namun dapat membangun semangat baik fisik maupun mental dan kerohanian SDM kita,” ucap Yapan.

Yapan sangat mengapresiasi atas antusias dan keterlibatan seluruh perangkat daerah serta instansi vertikal, BUMD, LSM, Ormas, Paguyuban, Organisasi Keagamaan, Pemuda, Pihak sekolah dan Perguruan tinggi, serta Perusahaan swasta dalam meriahkan pawai natal tersebut.

“Mari persatukan kenyataan ini sesuai esensi Ekumene, dengan harapan bagi seluruh umat beragama yang ada di Kubar dapat memberi kesatuan hati dan iman untuk mewujudkan rasa damai. Kedamaian ini lah yang mendukung kondusifitas untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini agar lebih lagi,” tukas Yapan.

Ia menyebut, dengan perayaan natal kali ini, agar dapat membangun silaturahmi persaudaraan yang beraneka ragam budaya, agama dan etnis, menuju hari esok lebih baik dengan penuh kondusifitas dan kedamaian bagi masyarakat umat beragama di Kubar.

“Pentingnya makna dari sub-tema ini, saya harap menjadi landasan bagi kita semua untuk membangun kualitas dan kapasitas diri menuju, “Kutai Barat yang Masyarakatnya Semakin Adil, Mandiri, dan Sejahtera Berlandaskan Ekonomi Kerakyatan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia,” tandasnya.

Setelah peserta melaksanakan pawai kendaraan hias dengan mengelilingi Ibu Kota Sendawar. Peserta di kembali memarkiran kendaraannya di jalur dua tepatnya depan Rumah Dinas Bupati Kubar, untuk menghadiri Open House Natal Bupati Kubar dengan selingan pengundian dorpize berhadiah, mulai dari hadiah peralatan rumah tangga, kipas angin, kulkas hingga sepeda santai.

Sebelumnya panitia karnaval atau pawai kendaraan hias menyebut, kegiatan ini dalam rangka menyemarakan perayaan natal tahun 2019. Dimana, dengan adanya pawai dimaksud, masyarakat khususnya umat Kristiani dapat menumbuh kembangkan semangat kebersamaan antar umat beragama. Sehingga tercipta sebuah pola kerja yang dinamis dan harmonis dalam menciptakan kondusifitas masyarakat.

Penulis : Alfian

Editor    : Redaksi

Bagikan:

Related posts