Selepas Shalat Jumat, Jemaah Dapat Makanan Gratis Irma Masjid Agung Baiturrahim Kubar

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Sungguh luar biasa bagi yang berjuang memakmurkan masjid yang menjadi keinginan para pengurus Masjid Agung Baiturrahim, Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), agar masjid kebanggannya bisa terus dipenuhi jamaah secara istiqomah.

Berbagai cara pun telah dilakukan oleh Pengurus Masjid Agung Baiturrahim. Selain berbagai program pengajian, kini pengurus masjid bekerjasama dengan Ikatan Remaja Masjid (Irma) yang telah menyiapkan 2 buah tenda ini menginisiasi makan dan minuman secara gratis bagi seluruh jamaah usai salat Jumat.

Tampak atrean panjang terlihat di pelataran Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok, selepas perhelatan shalat Jumat. Antusias jamaah ini selepas mengambil alas kaki, lalu ditujukan antrean untuk mengambil makanan berupa snack dan minuman yang dibagikan secara cuma-cuma.

Kegiatan ini memang dilakukan setiap hari jumat dan ditujukan sebagai momen berbagi kepada jamaah. Kegiatan yang berslogan “Jum’at Berbagi Berkah” ini memang selalu berhasil menyedot antusias jamaah, bukan hanya untuk mendapatkan makanan gratis, melainkan juga untuk memperbanyak sedekah.

Sekretaris Umum Masjid Agung Baiturrahim, Fahcrujiansyah mengatakan, program ini sudah dimulai sejak Desember 2019 lalu, yang disiasati oleh M Rahmad selaku Ketua Irma Masjid Agung Baiturrahim. Adapun sumber jum’at berbagi, awal dananya dari hasil patungan anggota Irma.

“Selain itu, juga donasi dari para jamaah yang secara sukarela menyerahkan berbagai suguhan menu snack dan air meneral. Sehingga jumat berbagi berkah ini dapat terlaksanakan setiap hari jumat,” ungkap Ojiq, yang juga sebagai Dewan Penasehat Irma, selepas perhelatan shalat jumat.

Ojiq yang juga Sekretaris Umum DPD KNPI Kubar ini mengatakan, kegiatan ini dapat terwujud berkat kontribusi aktif warga sekitar masjid untuk bersedekah dengan menyajikan makanan gratis bagi jamaah. “Setiap Jumat, masjid ini memang dipenuhi jemaah pada dari biasanya,” imbuhnya.

Salah satu jamaah, saat ditemui swarakaltim.com mengatakan, cukup senang dengan adanya program Jum’at Berbagi Berkah ini. Menurutnya, selain dapat memotivasi para jamaah untuk semangat menunaikan shalat di masjid, kegiatan ini juga menjadi sarana penyaluran donasi para jamaah untuk saling berbagi.

“Sangat senang, bisa kita liat sendiri, setiap selepas shalat Jumat, pelataran masjid yang dipajang 2 buah tenda itu, selalu dipenuhi dengan menu makanan dan minuman yang berbeda setiap pekan. Awalnya saya kira bayar, ternyata dibagikan cuma-cuma,” tutur Riki.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Bagikan:

Related posts