Satu Orang Positif Corona, Walikota Samarinda Minta Warga Disiplin

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Walikota Samarinda Syaharie Jaang meminta warga Samarinda disiplin dalam menjalankan kebijakan yang telah dikeluarkan sebagai upaya pencegahan Virus Corona alias Covid 19, terlebih di Samarinda ada satu warga yang dinyatakan positif.

Hal ini diungkapkan Walikota dalam Jumpa Pers bersama Gubernur Kaltim Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di teras kantor Gubernur Kaltim, Rabu (18/3/2020).

“Kami di Pemerintah Kota pun mengurangi pertemuan tatap muka langsung. Tadi siang rakor Forkompinda dengan metode video conference. Saya berada di rumah jabatan, pak Sekda di rumahnya dan wawali bersama beberapa peserta rakor lainnya di Command Centre. Alhamdulillah di Samarinda peralatan mendukung,” ucap Walikota.

Menurut Jaang pemerintah menjadi contoh untuk pencegahan virus corona. “Saya sendiri aja pulang dari Jakarta langsung dijemput Dinas Kesehatan dan dilakukan pemeriksaan. Kami harapkan warga yang datang dari luar kota juga bisa menelpon 112 untuk dilakukan pemeriksaan. Pergerakan di kota Samarinda ini bukan hanya ASN di pemkot saja tapi juga instansi Vertikal dan Pemprop,” imbuh Jaang.

Jaang juga mengingatkan agar tidak ada yang bergerombol atau menghindari keramaian.

“Kita Samarinda telah membuat edaran agar ASN bekerja di rumah. Begitu juga sekolah, anak-anak belajar di rumah tidak turun ke sekolah. Tapi ya harus disiplin. Kuncinya disiplin, percuma kalau sudah dibuat aturan tidak ke sekolah dan bekerja di rumah, tapi masih tetap keluyuran,” tegasnya.

Ini sebut Jaang masih banyak anak-anak yang bermain di luar, bahkan laporan dari Satpol PP hari puluhan anak dirazia di warnet, namun sudah diantar aparat Satpol PP ke rumah masing-masing yang diterima orang tua mereka.

Jaang juga tak pernah bosan agar warga membentengi diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat, tidak perlu keluar rumah dan berdoa. (dho)

Loading