Data Kunjungan di Kubar Menurun, Jumlah Kendaraan Meningkat

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona (COVID-19) di Kabupaten Kutai Barat. Tim gugus tugas wilayah ini terus meng Update geografis virus pandemi di media Center Covid-19, setiap hari pada pukul 16.30 Wita.

Seperti biasa konferensi pers dipimpin Sekda Kubar Yacob Tullur didampingi Kadis Kesahatan, Dirut RSUD HIS dan Kepala BPBD Kubar. Kali ini dihadiri Kapolres AKBP Roy Satya Putra bersama Dandim 0912/Kbr Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kamis (9/4/2020).

Dalam konferensi pers itu, Yacob Tullur menyampaikan jumlah data kunjungan orang melalui pintu masuk di perbatasan Kubar dengan wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Provinsi Kalimantan Tengah per tanggal 8 April 2020.

“Adapun jumlah kunjungan melaui PKM Jambuq, Kecamatan Bongan di perbatasan wilayah Kubar-Kukar sebanyak 971 orang dan jumlah pelaku perjalanan ada 114 orang. Namun ada peningkatan kendaraan yang masuk dari data sebelumnya, menjadi 536 unit kendaraan roda dua dan empat,” ungkap Yacob Tullur kepada wartawan.

Secara rinci ia menerangkan, jumlah data yang dihimpun di perbatasan Kubar-Kalteng melalui PKM Dilang Putih Kecamatan Bentian Besar sebanyak 40 orang, denga rute perjalanan Samarinda-Bentian, Kubar-Kalteng 2 orang, Kalteng-Kubar 6 orang.

“Sementara data PKM Penyinggahan melalui jalur transportasi sungai dari ke Kubar, sebanyak 33 orang. Dengan rincian, Muara Pahu 5 orang, Melak 11 orang, Tepian Ulaq 2 orang, Long Iram 3 orang dan Long Bagun 12 orang,” jalasnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyempaikan jumlah data Orang Dalam Pemantauan (ODP) per tanggal 9 April 2020, sebanyak 190 ODP, selesai pemantaun 85 orang, proses pemantaun 105 orang dan yang sudah di rapid test sebanyak 47 orang.

“Dari hasil rapid test ada 46 orang negative, kemudian Pasien Dalam Pemantau (PDP) masih tetap 5 orang, disusul 2 orang dari hasil Lab Negative Covid-19. Sementara rapid test positif Covid-19 masih tetap satu orang, yang saat ini menjalani isolasi di RSUD HIS,” tuturnya.

Red- (“satu orang inilah yang kita tunggu dari hasil Swab Test Covid-19 yang telah di kirim ke Surabaya. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau tetap waspada dan taat menjalani anjuran pemerintah untuk social distancing maupun physical distancing,” pungkasnya.

Sementara 20 orang warga kubar dari Klaster Gowa yang telah di karantinakan di Asrama Paskibra Dispora Kubar, sambung Yacob Tullur, hingga saat ini semuanya dalam keadaan sehat dan tetap taat mengikuti anjuran kesehatan dari pemerintah setempat.

Dengan rincian asal dari Klaster Gowa yaitu 14 orang dari Kecamatan Melak, 1 dari Sekolaq Darat, 2 dari Muara Pahu, 1 dari Damai Kota, 1 dari Linggang Bigung dan 1 orang dari Jempang. Sementara ada 2 PDP menjalani isolasi mandiri, yaitu 1 orang di Kecamatan Jempang dan 1 orang di Long Iram.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK)

Loading