Dibagi 6 OPD Kubar, Anggaran Covid-19 Sebesar Rp 21,7 Miliar

Konferensi Pers tim gugus tugas dipimpin Sekda Kubar Yacob Tullur di media center covid-19 Kutai Barat, Kamis (30/4/2020)

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Akhirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat mengumumkan alokasi anggaran untuk penanganan kasus virus corona atau Covid-19, setelah melalui pembahasan beberapa waktu terakhir yang dibagi enam OPD pada instansi terkait.

Penyampain itu disampaikan Sekretaris Daerah Kubar Yacob Tullur, dalam konfrensi pers di media center Covid-19, Kamis (30/4/2020) sore. Pemkab menyatakan akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 21,7 miliar lebih.

Secara rinci ia menjelaskan ketersedian kegunaan alokasi anggaran biaya APBD tahun 2020, dikelola enam OPD dari instansi terkait dalam kegiatan Covid-19.

  1. Dinas Kesehatan sebesar (Rp 8.924.538.350 rupiah), dengan kegunaan pencegahan dan penanggulangan covid-19 dan optimalisasi rumah sakit pratama Linggang Bigung.
  • Sedangkan RSUD Harapan Insan Sendawar, mengelola sebesar (Rp 3.825.489.86 rupiah) dengan sumber dana sendiri melalui anggaran system Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) tahun 2020.
  • Lanjut dia, untuk Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebesar (Rp 6.925 juta). Dari sumber dana belanja tak terduga untuk kegiatan dalam kejadian luar biasa dan jaringan pengaman sosial.
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebesar (Rp 1.375 juta) dengan kegiatan respon cepat darurat bencana dan logistik penanganan bencana Covid-19.
  • Selanjut Dinas Sosial (Dissos) sebesar (Rp 500 juta) dengan kegunaan penanganan bencana sosial dan fasilitasi sosial.
  • Kemudian Dinas Perhubungan (Dishub) sebesar (Rp2.15 juta) untuk kegiatan pengendalian dan pengaturan lalulintas jalan dilingkungan pemerintah kubar.

“Selain dana 21,7 miliar ini, pemerintah juga mencadangkan Rp 1.80 miliar. Jika musibah ini berlanjut dan terjadi lebih parah lagi dalam kasus penanganan Covid-19 di wilayah Kubar,” terangnya.

(Red- jadi yang bisa digunakan saat sekarang ini, sekitar 21,7 miliar. Demikian yang dapat kita informasikan, semoga wabah ini segera berlalu dan kita bersama-sama menanggulangi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut,” pungkasnya.

Konferensi per itu dihadiri, Asisten II Setkab Kubar Ayonius, serta kepala dinas terkait seperti, Kepala BPBD Jenton, Kepala Dinkes Ritawati Sinaga, Kepala Dishub H Rakmad, Direktur RSUD HIS dr Akbar, perwakilan Polres Kubar dan Kabag Humas Setkab Kubar Hendrita Teofilla.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts