Pemkab Kutim Beli Beras Petani, Korban Corona Nikmati Beras Baru dari Kaubun

SANGATTA,Swarakaltim.com – Ditengah-tengah pandemi Corona, petani di Kaubun  meningkatkan produksi berasnya sehingga mampu   memenuhi permintaan Pemkab Kutim dalam penyediaan bahan pangan bagi masyarakat yang terdampak Corona.

Ketua Gapoktan Kaubun, Priyanto  menerangkan setiap bulan mereka menyediakan 120 ton beras yang akan dibagikan ke sejumlah kecamatan seperti Sangkulirang, Karangan, Kaliorang, Sandaran, Bengalon, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Kongbeng dan Muara Wahau.

“Saat ini ada kontrak dengan Dinas Sosial Kutim yakni setiap bulan menyediakan 120 ton beras dengan isi setiap paket 10 kilogram,” terangnya.

Melalui telepon, Priyanto menyebutkan permintaan Pemkab Kutim ini disambut gembira warga Kaubun sehingga usai panen lalu, mereka kembali menggarap lahan untuk mempersiapkan ketersediaan pangan tiga  bulan mendatang.

“Lahan yang digarap ada 1.700 hektar dan menghasilkan 4.600 ton, sehingga kebutuhan beras seperti diminta Dinas Sosial Kutim masih terpenuhi,” beber pria yang ikut bergelut lumpur membina petani.

Beras yang dihimpun dari petani di Kaubun ini, kini dijual dengan kemasan baik bahkan tak kalah dengan beras dari luar daerah. Beras yang diproduksi Gapoktan Ciptakarya dan dikemas Gapoktan Berkah Bersatu Desa Kandungan Jaya Kaubun Kutim ini, diberi label Padi Emas.

“Beras yang kami bagikan kepada masyarakat sesuai permintaan Dinas Sosial adalah beras baru, jadi pas sekali digunakan selama Ramadhan dan Idul Fitri nanti,” sebut Priyanto. (sdn)

Bagikan:

Related posts