Layaknya Rumah Sakit, DPRD Mahulu Tinjau Bangunan Puskesmas Laham

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), terus berupaya menangkal penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) diwilayah tersebut.

Ajakan berdiam di rumah selalu mengedepankan physical distancing bagi warga di lima Kecamatan se-Mahulu. Hal itu terus dihimbau oleh legislator DPRD Mahulu saat meninjau semua posko wasdalkes yang tergabung dalam Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19 Mahulu.

Tidak hanya itu, unsur pimpinan DPRD Mahulu ini juga aktif mengecek fasilitas tempat pelayanan kesehatan di Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah ini. Terlihat pada Sabtu 09 Mei lalu, kegiatan monitoring aktif itu dibagi jadi dua tim.

Secara bersamaan tim legislator ini melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat. Pertama unsur pimpinan DPRD Mahulu Novita Bulan memimpin monitoring pos wasdalkes wilayah Kecamatan di perbatasan, yaitu Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari.

Kemudian Wakil Ketua I DPRD Mahulu Tiopilus Hanye memimpin tim kedua menyambangi posko wasdalkes di wilayah hilir Kabupaten ini, tepatnya di Kecamatan Long Hubung dan Laham.

Pada kesempatan itu, rombongan tim kedua ini menyempatkan diri untuk meninjau bangunan Puskesmas baru di Kecamatan Laham. Hal itu untuk memastikan progress bangunan dan fasilitas alat kesehatan juga tenaga medis di Puskesmas tersebut.

“Disela monitoring ini, kami menyempatkan diri mengecek kesiapan bangunan dan kesiapan fasilitas kesehatan Puskesmas berlantai 2 yang dibangun melalui dana DAK dari Kemenkes dan APBD Mahulu 2019,” ungkap Tiopilus Hanye, disela kegiatan tersebut.

Kata dia, bangunan Puskesmas yang dilengkapi fasilitas umum layaknya rumah sakit itu, dilengkapi ruang rawat inap, ruang bersalin dan juga bangunan mess khusus tenaga medis. Hasil pentauannya itu, bangunan tersebut sudah hampir rampung.

“Bangunan gedung berlantai 2 ini cukup representative dan sudah hampir rampung, walaupun masih ada bebera sisi yang perlu dibenahi. Selain itu tinggal instalasi listrik dan air bersih yang belum terpasang. Semoga wabah virus corona ini lekas berlalu, sehingga bangunan ini lekas rampung,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts