Momen Sejarah Jangan Terlupakan, KNPI Kubar Gelar Dialog Pemuda

Momen Sejarah Jangan Terlupakan, KNPI Kubar Gelar Dialog Pemuda

Caption: Simbolis penyerehan bantuan masker dan paket sembako yang akan dibagikan ke tiap posko Covid-19 di 5 Kampung yang berada di Kecamatan Mook Manaar Bulatn, Senin (1/6/2020)

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Seperti biasa peringatan hari Lahir Pancasila pada 1 Juni selalu digelar apel peringatan bersama setiap tahunnya. Namun ditengah situasi pandemi virus corona (Covid-19) mewabah secara global, sehingga pemerintah pusat melakukan apel secara virtual, Senin (1/6/2020).

Tak terkecuali DPD Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI) Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, menggelar dialog pemuda dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila yang bertema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”.

Dialog pemuda itu di pimpin Ketua DPD KNPI Kubar Cannisius Arjan didampingi Sekretaris Fachrujiansyah Bachsan dan Bendahara Syahir Syahraeny, yang dihadiri sejumlah pengurus dan anggota di sekretariat DPD KNPI Kubar, Jalan Sendawar Raua, Komplek Business Centre Tinggi Diraja Sendawar.

Tampak unsur pimpinan DPD KNPI Kubar secara bergantian menjadi nara sumber memberikan paparan mengenai wawasan kebangsaan, sejarah bangsa, bahkan menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Dialog pemuda dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ini bukan hanya melakukan penguatan wawasan kebangsaan dalam bersejarah. Akan tetapi banyak hal yang harus ditanamkan tentang butir-butir Pancasila kepada pemuda sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Arjan.

Sementara Sekretaris DPD KNPI Kubar Fahrujiansyah Bachsan mengatakan, melalui kegiatan dialog kecil tersebut, pihaknya mengajak generasi muda untuk mengingat kembali semua hari bersejarah yang dilahirkan untuk bangsa NKRI.

“Terlebih diera modern sekarang ini, mungkin sedikit generasi kita yang mengingat hari-hari bersejarah seperti hari lahir Pancasila. Jadi melalui dialog pemuda ini kita berharap generasi milenial ini bisa meninggalkan sejenak dunia maya atau game online,” cetusnya.

“Reed- kita mengajak pemuda sebagai generasi bangsa bisa menerapkan nilai-nilai pancasila itu dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga momentum bersejarah tetap membumi di tanah air NKRI sesuai tema kali ini, Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan buku “Nilai-Nilai Pancasila”, oleh pemateri dialog pemuda Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM Christian Novi, diterima Ketua DPD KNPI Kubar Cannisius Arjan.

Selanjutnya juga dilakukan simbolis penyerehan bantuan masker dan paket sembako yang nantinya akan dibagikan ke tiap posko Covid-19 di 5 Kampung yang berada di Kecamatan Mook Manaar Bulatn.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts