Alif Turiadi Hadiri Launching “Kampung Tangguh Nusantara Beriman” Binaan Polres Kukar

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Wakil Ketua DPRD Kutai Kartanegara HM Alif Turiadi, SE ditemani Johansah, SE, M.Si, Hairendra, SE anggota DPRD kukar yang berasal asal Dapil V Loa Kulu, Loa Janan hadir dalam Launching “Kampung Tangguh Nusantara Beriman 2020” di Dusun Tegal Anyar Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan, Kukar, Jum’at (17/7/2020).

Launching Kampung Tangguh Nusantara merupakan binaan Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Kartanegara sesuai Undang Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana mengamanatkan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana. Salah satu stratergi untuk mewujudkan hal ini adalah melalui pengembangan Desa / kelurahan Tangguh terhadap bencana.

Wakil Bupati Kukar, H Chairil Anwar saat membacakan sambutan Bupati Kukar Bapak Edi Damansyah mengatakan walau masih berada dalam kondisi Pademi Covid-19, kurang lebih lima bulan sejak ditetapkan oleh Pemerintah sebagai darurat kesehatan masyarakat pada Bulan Maret 2020, dan kondisi ini belum bisa diprediksikan sampai kapan berakhir.

Hal yang paling penting dipahami adalah saat ini sudah memasuki peradaban baru yang mau tidak mau harus mampu hidup beradaptasi dengan kebiasaan baru (New Normal), dengan patuh pada Protokol Kesehatan.

Pihaknya sangat mengapresiasi Polres Kutai Kartanegara yang telah memilih salah satu dusun di Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai “Kampung Tangguh Nusantara Beriman” yaitu Dusun Tegal Anyar, Desa Loa Janan Ulu.

“Saya sangat berharap, dengan adanya Kampung Tangguh Nusantara ini dapat menjadi Role Model bagi Dusun atau Desa lainnya di Kabupaten Kutai Kartanegara, dapat mencapai tujuannya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Ia berharap Kampung Tangguh Nusantara ini akan menular ke dusun-dusun lainnya di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara di Desa atau Kelurahan yang ditunjuk karena terindikasi tingginya penyebaran Covid-19.

Kampung Tangguh Nusantara ini menitikberatkan pada peran serta aktif elemen masyarakat baik personal atau kelompok, dengan maksud dan tujuan agar masyarakat dapat mempunyai “Kemampuan” dan “Kemandirian” untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

“Kepolisian Republlik Indonesia, secara nasional telah melaunching suatu kegiatan yang merupakan upaya gotong royong untuk mengatasi permasalahan panderni Covid-19 ini. Kegiatan yang dinamakan Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan sebuah Pilot Project Kolaboratif dengan stakeholder untuk melakukan aksi nyata,” ucap Chairil.

Wakil Ketua DPRD HM Alif Turiadi, SE mengatakan sangat mengapresiasi Polri, dalam hal ini Polres Kutai Kartanegara dengan adanya kegiatan ini merupakan salah satu menjadi motivasi untuk desa-desa yang lainya agar mencontoh karena Kampung Tangguh Nusantara Beriman di Dusun Tegal Anyar Desa Loa Janan Ulu Kecamatan Loa Janan seharusnya disupport oleh pemerintah daerah, saat ini masih swadaya masyarakat, ini menjadi titik penularan kepada masyarakat dan desa-desa yang lain, agar desa yang lain juga menjadi desa mandiri.

“Terutama diantaranya 1. Tangguh Logistik 2. Tangguh Sumber Daya Manusia 3. Tangguh Informasi 4. Tangguh Kesehatan 5. Tangguh Keamanan dan Ketertiban 6. Tangguh Budaya Oleh karena itu, sangat diperlukan upaya bersama untuk membangun ketangguhan masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19 di Negeri tercinta, Indonesia dan khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara,” tutur Alif. (adv)

Bagikan:

Related posts