KPU Tetapkan Pasangan MAS Kantongi 12.950 Dukungan Pencalonan di Pilkada Kubar

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Barat menyatakan calon pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kubar, Martinus Herman Kenton dan H Abdul Azis atau (MAS), telah memenuhi syarat untuk maju melalui jalur perseorangan di Pilkada Kubar 2020.

Hal itu diumumkan Kepala Devisi Rintar Pasaribu melalui rapat pleno terbuka dengan agenda hasil perbaikan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan yang dilakukan tingkat KPU Kabupaten Kubar, pasangan calon MAS mendapatkan 12.950 dukungan, Jumat (21/8/2020).

“Berdasarkan jumlah dukungan terhadap pasangan calon perseorangan (MAS) maka memenuhi syarat untuk melakukan pendaftaran di KPU Kubar sebagai calon bupati dan wakil periode 2020-2024,” jelasnya.

Selanjutnya Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye mengatakan, jumlah dukungan calon perseorangan wajib mengantongi sebanyak 11488 dukungan. Adapun jumlah dukungan yang diverifikasi faktual sebanyak 9511. Kemudian jumlah dukungan yang memenuhi syarat sebanyak 5498.

“Berdasarkan surat lampiran model BA.7-KWK Perseorangan, hasil berita acara tentang perbaikan yang diverifikasi faktual sebanyak 12.950 dukungan. Oleh karena itu, pasangan calon MAS dinyatakan memenuhi syarat pencalonan Pilkada Kubar,” terang Hanye.

“Germas sudah memenuhi syarat dukungan berdasar hasil rapat pleno. Selanjutnya, KPU akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur partai politik dan independen pada 4-6 September 2020,” tambah Hanye.

Sementara pasangan bakal calon perseorangan Martinus Kenton dan H Abdul Azis mengaku bersyukur dengan hasil verifikasi perbaikan dukungan dari 16 Kecamatan se-Kubar.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada semua yang sudah mendukung kami. Sehingga kita memenuhi syarat untuk melakukan pendafataran menjadi kandidat Pilkada 2020 di Kubar,” jelas Martinus Herman Kenton didampingi H Abdul Azis kepada wartawan.

Ia menyebut selama ini pihaknya tidak terlalu sulit untuk mencari dukungan masyarakat yang telah memenuhi syarat pendafataran di KPU Kubar pada 4-6 September mendatang.

“Kita sudah merasa merdeka dari hasil rapat pleno yang ditetapkan KPU Kubar. Sehingga kami tetap berkomitmen melalui Germas, (Gerakan Pembangunan Maju Adil Sejahtera) siap mensejahterakan masyarakat petani di Kubar,” pungkas Nus sapaan akrab bakal calon bupati kubar ini.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts