HSP, Dispora Kaltim Lombakan Film Pendek Berhadiah Total Rp 22,5 Juta

Loading

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim menggelar lomba pembuatan Film Pendek atau Short Movie dengan total hadiah Rp 22,5 juta.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin menyemangati pemuda Kaltim di masa pandemi Covid-19. Makanya, lomba ini ada tiga pilihan tema. Pertama, Pemuda Kreatif Menuju Kaltim Bebas Covid-19, Pemuda Kreatif Menyongsong Era Kehidupan Normal Baru dan Hidup Sehat Beraktivitas Ala Pemuda Kreatif,” ucap kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Bahri SE MSi kepada Swara Kaltim di ruang kerjanya, Selasa (29/09/2020).

Ia menjelaskan kategori lomba short movie adalah produksi audio visual berupa produk yang menampilkan gambar bergerak dengan atau tanpa audio, baik dalam format live action, yang durasinya maksimal live action dua menit.

Untuk pendaftaran dan pengisian formulir peserta sebutnya dilakukan melalui media sosial dari tanggal 4 Agustus hingga 15 Oktober 2020. “Di tanggal ini pula (4 Agustus-15 Oktober) peserta mulai upload hasil karyanya di Instagram. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada 28 Oktober,” terang Bahri lagi.

Untuk hadiah dirincikannya, juara I Rp 6.000.000, juara II Rp 5.000.000, juara III Rp 4.500.000, juara favorit Rp 3.500.000 dan juara kreatif Rp 3.500.000. Ia menguraikan peserta lomba berusia 16-30 tahun dan merupakan penggiat media sosial, dapat berupa perorangan dan perkelompok ataupun komunitas.

“Yang diikutkan lomba merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dilombakan maupun dipublikasikan. Peserta pun khusus pemuda Kaltim,” tegas Bahri.

Tak hanya itu, lanjutnya, karya yang dibuat dan diikut sertakan merupakan karya orisinil dan tidak melanggar hak intelektual dan pihak manapun. Jika dikemudian hari terdapat isu atau klaim terkait hak cipta maka hal tiu tanggung jawab peserta.

“Videonya berisi saran, himbauan, seruan, dan solusi sesuai dengan tema kompetisi. Juga merupakan ekspresi yang bersifat bebas namun tetap menjaga etika, tidak mengandung sara dan tidak mengandung unsur pornografi,” terangnya.

Menurutnya, satu peserta atau kelompok hanya boleh mendaftarkan satu akun instagram serta memilih satu tema dan mengikuti satu kategori perlombaan.

“Karya yang dilombakan diunggah diakun instagram yang telah terdaftar, dan karya pemenang akan diunggah ke akun instagram @dispora_kaltim dan @ip.Gekraf. sepenuhnya menjadi hak milik Dispora Kaltim dan IP-Gekraf,” katanya.

Selain itu, lanjut Bahri dengan mengunggah karya, peserta berarti bersedia untuk karyanya digunakan di kanal media sosial Dispora Kaltim dan IP-Gekraf. “Ayo buruan. Peserta tidak dibatasi dan gratis tanpa ada uang pendaftaran,” pungkas Bahri mengakhiri.(dho)