Lomba Desain Grafis “HSP” Dispora Kaltim Siapkan Hadiah Total Rp 22,5 Juta

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Bukan hanya memberi kesempatan di lomba pembuatan Film Pendek, para pemuda kreatif yang memiliki skil desain pun memiliki kesempatan untuk ujuk kreativitasnya pada ajang lomba Desain Grafis dalam rangka Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 92 tahun 2020 garapan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

“Sama dengan lomba pembuatan Film Pendek, panitia juga menyiapkan hadiah total Rp 22,5 juta. Juara I hadiahnya Rp 6.000.000, juara II Rp 5.000.000, juara III Rp 4.500.000, juara favorit Rp 3.500.000 dan juara kreatif Rp 3.500.000,” kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Bahri SE MSi kepada Swara Kaltim di ruang kerjanya, Kamis (01/10/2020).

Bahri mengatakan besamaan dengan perkembangan desain grafis sekarang ini, dunia tengah dilanda pandemi Covid-19. Ada 215 negara di dunia yang terjangkit virus ini, termasuk Indonesia. Hal ini sangay berdampak di segala sektor termasuk kreatifitas pemuda di Indonesia pada umumnya dan Kaltim khususnya.

“Dalam bidang grafika, Dispora Kaltim wajib mendorong kreatifitas pemuda di masa pandemi Covid-19, agar dapat mengekspresikan kemampuan berdasarkan ide kreatif berbasis kearifan lokal, sehingga mampu menghasilkan karya kreatif khususnya dalam bidang grafika,” ucapnya.

Oleh karena itu sebutnya Dispora memanfaatkan momentum Hari Sumpah Pemuda menggelar lomba desain grafis dengan tiga pilihan tema, pertama Pemuda Kreatif Menuju Kaltim bebas covid-19, kemudian Pemuda Kreatif Menuju Kaltim bebas covid-19 dan Hidup sehat berkreatifitas ala pemuda kreatif.

Bahri menjabarkan, tujuan lomba ini untuk menumbuhkan karakter kreatif di kalangan pemuda pada bidang grafika yang siap bergerak dalam pemberian informasi tentang covid-19 kepada masyarakat, menghasilkan pemuda yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang desain grafis, memahamkan pemuda Kaltim dan masyarakat Kaltim pada umumnya tentang bahaya Covid-19 dan melakukan usaha pencegahan covid-19 melalui design grafis .

Untuk pesertanya, unsur Pelajar SLTA (SMK/SMU), Perguruan Tinggi, Organisasi Kepemudaan, Komunitas Pemuda, Dispora Kab/Kota dan Unsur Pegawai Dispora Provinsi Kaltim.

“Syaratnya berusia 16 sampai dengan 30 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang terlibat kriminalisasi dan kasus hukum lainnya, mengisi Biodata peserta secara online dan ber KTP dalam wilayah Kaltim,” terang Bahri.

Kemudian sambugnya, karya yang dilombakan diunggah diakun instagram yang telah terdaftar, dan karya pemenang akan diunggah ke akun instagram @dispora_kaltim dan @ip.Gekraf. sepenuhnya menjadi hak milik Dispora Kaltim dan IP-Gekraf.

”Dengan mengunggah karya, peserta berarti bersedia untuk karyanya digunakan di kanal media sosial Dispora Kaltim dan IP-Gekraf,’ tandasnya.

Untuk upload hasil karya di instagram berakhir hingga 15 Oktober dan pengumuman pemenang lombanya pada 28 Oktober.

“Peserta wajib mengikuti akun instagram @ip.gekraf dan @dispora_kaltim, memiliki akun instagram dan tidak dikunci private, peserta mengunggah karya sesuai batas waktu yang ditentukan dan wajib menggunakan tagar #ikatanPemudaDesain #PemudaLawanCovid19,” tegas Bahri semangat.(dho)

Bagikan:

Related posts