Sugeng: Pramuka Harus Bisa Menjadi Pelopor Informasi Positif

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Samarinda menggelar upacara peringatan hari pramuka ke- 59 tahun 2020 Tingkat Kota Samarinda di halaman Parkir Kantor Balai Kota Samarinda, Minggu, (25/10/2020).

Peserta upacara diikuti beberapa perwakilan dari Penegak/pendega Pramuka se kota Samarinda dan dipimpin langsung sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Kota Samarinda Sugeng Chaeruddin dan sekaligus sebagai Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Samarinda.

Pada Upacara peringatan hari Pramuka kali ini mengangkat tema “Peranan Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

Ketua Kwarcab Samarinda Arpan Zainal menyampaikan dalam laporannya bahwa peringatan hari Pramuka pada tahun ini dilaksanakan sangat sederhana sekali dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini menyesuaikan dengan kondisi negara yang sedang mengalami wabah Pandemi Covid 19 yang belum juga berakhir.

Pada tahun ini juga gerakan Pramuka kota Samarinda sudah melakukan lomba-lomba secara daring/virtual dalam rangka memeriahkan hari Pramuka ke 59.

Kwartir Cabang Samarinda juga melaksanakan Bhakti sosial seperti membagikan APD berupa pelindung wajah di beberapa fasilitas pelayanan kesehatan, membagikan masker, serta handsanitaiser dan juga mensosialisasikan peraturan walikota No 43 tahun 2020 yang bekerja sama denga kantor Satuan Polisi Pamong Praja Samarinda.

Dalam sambutan tertulis Walikota Samarinda Syaharie Jaang yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Sugeng Chaeruddin mengatakan Gerakan Pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu, bahkan gerakan kepramukaan di dunia dimulai sejak lebih dari 110 tahun yang lalu. Gerakan ini adalah merupakan suatu gerakan organisasi pendidikan.

Oleh karena itu nama lengkap organisasi ini adalah Gerakan pendidikan kepanduan Praja muda Karana, yangmerupakan suatu organisasi pendidikan nonformal untuk melengkapai pendidikan informal dilingkungan keluarga dan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan para Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, dan berahlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun negara kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam kesempatan ini pula Sugeng membambahkan untuk mengajak Gerakan Pramuka Samarinda bersatu memutus rantai penyebaran Covid 19 di kota Samarinda. Karena kota Samarinda sudah menjadi kota penyumbang angka penyebaran Covid tertinggi di Kalimantan Timur.

“Hal ini tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah sendiri tetapi harus didukung seluruh stakeholder yang ada di kota Samarinda,” katanya.

Diharapkannya Pramuka yang berada di semua lini yang mempunyai semangat harus juga bisa menjadi pelopor harus menjadi agen pembaharu agen penyampai informasi-informasi yang positif.

“Saya yakin kalau Pramuka bisa mengambil alih atau ikut dalam pelaksanaan kegiatan Insya Allah karena satu- satunya obat yang bisa mengurangi saat ini sebelum ditemukan vaksinnya adalah bagaimana kita melakukan 4M tadi, yaitu Mengaja jarak, Menjauhi kerumunan, Memakai masker dan sering Mencuci Tangan dengan sabun di air mengalir,” katanya.

Sugeng berharap gerakan Pramuka menjadi pelopor jangan sampai Pramuka yang lebih banyak melanggar anjuran Pemerintah.

Pada kesempat ini pula Sugeng Chaeruddin mendapatkan penghargaan Anugrah Piagam dan Lencana Panca warna III, Sebagai Wakil ketua Majelis pembimbing kwartir cabang kota Samarinda masa Bhakti 2003 sampai dengan sekarang

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dispora Samarinda, ketua kwartir Daerah Kaltim, serta pengurus majelis pembimbing cabang gerakan Pramuka kota Samarinda.(dho)

Loading