Dermaga Pelangi Batu Majang Disulap Jadi Obyek Wisata Mahakam Ulu

Caption: Tampak Dermaga Yang Dulunya Tak Terawat Kini Disulap Menjadi Warna Warni Yang Indah Bak Pelangi di Tepi Pantai Mahakam, Kampung Batu Majang. (Dok-Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN).

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Kabupaten Mahakam Ulu merupakan daerah perbatasan wilayah Kalimantan Timur dengan negara tetangga Serawak Malaysia. Sehingga Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, menjadi pangkalan Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN yang bertugas di perbatasan.

Selain menjaga perbatasan, berbagai kegiatan sosial masyarakat telah dilakukan personel TNI yang bertugas di posko jaga wilayah ini dipimpin Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Mayor Inf Andy Irawan. Kemudian ide cemerlang pun ditularkan ke masyarakat sekitar dengan menyulap Dermaga Long Alan Batu Majang menjadi wisata dadakan.

Dermaga yang dulunya dibangun berbahan Kayu Ulin ini hanya biasa biasa saja. Kini telah disulap menjadi warna warni bak pelangi oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN, bersama dengan Kelompok Darma Wisata (Pokdarwis) Bangentawai Desa Batu Majang.

Para warga menyambut hangat program kegiatan tersebut yang dapat dijadikan obyek wisata sambil menikmati sinar matahari disenja sore hari, terutama bagi kalangan muda untuk berswafoto alias selfie bersama dari atas dermaga berwarna pelangi dengan keindahan tepi Sungai Mahakam Ulu.

Yuliana (23), warga Kampung Batu Majang, mengaku senang dengan kehadiran personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN, yang melahirkan buah pikir kepada kelompok Darma Wisata (Pokdarwis) Bangentawai Desa Batu Majang, membuat kampung kelahirannya itu terlihat seperti desa wisata.

“Kini kampung kelahiran ku ini seperti desa wisata pada umumnya. Sebenarnya Kabupaten Mahulu banyak terdapat panorama alam yang indah. Seperti Batu Dinding, Gunung Batoq Ayau yang asri dan udaranya yang sejuk, serta jantur air terjun dengan air alam yang jernih,” kata Yuliana, Minggu (17/1/2020).

Dia berharap, kehadiran Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN ini akan membuat kampung halamannya lebih indah, rapi, dan maju. Sehingga akan banyak masyarakat yang berkunjung ke Kampung Batu Majang.

Ketua Pokdarwis Bangentawai Kampung Batu Majang, Dedi (45) mengatakan, Dermaga Lung Alan ini, yang dulunya tidak terawat dan kusam. Berkat ide serta inisiatif anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN, menyulap dermaga ini menjadi dermaga wisata yang menjadi icon yang wajib di kunjungi wisatawan lokal saat berkunjung ke Kampung Batu Majang.

”Kedepannya saya berharap ada peningkatan obyek wisata alam di Kampung Batu Majang ini agar semakin berkembang dan banyak didatangi wisatawan. Sehingga semakin banyak orang yang mengenal daerah Kabupaten Mahakam Ulu,” cetus Dedi melalui pres release akun medsos Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN.

Penulis : Alfian

Editor : Redaksi (SK)

Bagikan:

Related posts