Sambut IKN, Disdik Kaltim Gencar Tingkatkan SDM Lewat Program BKT

Samarinda-Swarakaltim. Berbagai upaya Pemerintah Provinsi (pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di bidang pendidikan.

Saat ini Pemprov Kaltim telah memiliki program yang akan membantu putra-putri di Kaltim guna mengikuti pendidikan tinggi sampai tuntas melalui pemberian beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ada 3 katagori untuk calon penerima Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT), yakni Kategori Beasiswa Umum, Beasiswa Khusus, dan Kategori Beasiswa Kerja Sama. Sedangkan Beasiswa Kaltim Stimulan adalah beasiswa yang diberikan kepada siswa dan mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik, seperti Tuntas Mahasiswa, Stimulan Mahasiswa, dan Stimulan Siswa.

Ada empat kategori untuk calon penerima Beasiswa Kaltim Stimulan. Yakni Beasiswa Umum, Beasiswa Khusus, Kategori Sertifikasi Keterampilan, dan Beasiswa Studi Luar Negeri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kaltim H Anwar Sanusi SPd, MPd menjelaskan saat ini sedang berjalan pendaftaran penerima BKT Tahun 2021 untuk para mahasiswa dan pelajar di Kaltim.

“Pendaftarannya sudah dimulai sejak tanggal 25 Maret 2021 sampai dengan tanggal 12 Mei 2021 mendatang,” lanjutnya.

Ia menyarankan bagi para mahasiswa dan pelajar bisa membuka website beasiswa.kaltimprov.go.id (bagi yang melakukan akses melalui kaltimtuntas.id akan otomatis diarahkan ke alamat website beasiswa.kaltimprov.go.id) untuk mendaftar dirinya.

“Jika ada kesulitan, di website tersebut ada laman pengaduan, yang nantinya teruntuk mahasiswa, murid dan orang tua murid bisa mengadu permasalahan yang ada dan nanti akan di jawab sesuai pertanyaannya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan yang mendaftar hampir 5 ribuan, dan banyak yang berminat karena beasiswa ini sangat membantu kepada anak-anak dan orang tua murid, apalagi di masa pandemi ini.

“Ini salah satunya upaya Pemprov Kaltim untuk meningkatkan SDM, guna menyambut Ibu Kota Negara (IKN) nantinya,” katanya.

Di tempat terpisah melalui pesan WhatsApp, Ketua BP-BKT Drs H Iman Hidayat, MSi melalui Isnawati selaku Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) dari program BKT menambahkan jumlah penerima beasiswa 2021 yang pasti akan diumumkan setelah proses seleksi selesai.

“Seleksi belum bisa dijadwalkan kapan selesainya, karena tergantung dari ketersediaan anggaran tambahan/ perubahan,” ucapnya.

Kemudian lanjutnya, jumlah penerima juga tidak bisa ditetapkan diawal karena besaran beasiswa ada yang dihitung berdasarkan besaran UKT/ SPP-nya.

“Saat ini, Pemprov Kaltim telah memberikan kesempatan kepada Putra/Putri Kaltim untuk mengikuti Program Beasiswa melalui pola kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Yakni Institut Pertanian Bogor (IPB) diprioritaskan untuk Program Studi yang belum tersedia di Kaltim, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) diprioritaskan untuk Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Institut Agama Islam Tazkia Bogor, dan Universitas Darussalam Gontor.

Isna demikian Isnawati disapa menjelaskan bahwa untuk waktu dan cara pendaftaran serta persyaratan yang diperlukan, akan diumumkan dalam waktu dekat oleh masing-masing Perguruan Tinggi melalui website beasiswa.kaltimprov.go.id dan atau website Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

“Untuk itu bagi para pelajar kelas XII yang berminat agar mempersiapkan diri,” pungkasnya. (adv/ai/dho)

Bagikan:

Related posts