Dukung Program 100 Hari Kerja, Pokja IV PKK Gelar Rakor Perkuat Sinergi dengan OPD

SAMARINDA.Swara Kaltim
Mendukung program 100 hari kerja Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun dan wakilnya Dr H Rusmadi, Pokja IV Tim Penggerak PKK kota Samarinda menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan dihadiri lintas OPD terkait, Camat, Lurah hingga Puskesmas di aula rumah jabatan wali kota Samarinda, Sabtu (24/4/2021).

“Mohon maaf menggangu hari keluarga bapak ibu sekalian untuk hadir bersama pada rakor hari ini. Tapi, kita sudah tidak bisa menunda lagi. Waktu kita tidak banyak dalam mendukung program 100 hari kerja. Untuk itu, dalam rakor Pokja IV ini mari kita saling bersinergi dan berada dalam satu perahu untuk menyukseskan program ini yang juga masuk dalam program prioritas Pokja IV PKK Samarinda,” ucap ketua TP PKK Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun.

Ia mengatakan sengaja mengundang semua unsur karena terkait dengan program di Pokja IV termasuk dalam waktu dekat ini untuk mendukung program 100 hari kerja sehingga bisa saling bersinergi.

“Kami PKK adalah mitra dari Pemerintah Kota. Untuk itu juga mempunyai tanggung jawab berdaya membantu permasalahan di kota ini dan mensejahterahkan masyarakat sesuai dalam 10 program Pokok PKK,” ungkap isteri wali kota Samarinda ini.

Pokja IV ini sendiri lanjut Rinda, membidangi kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Sesuai program 100 hari kerja, Pokja IV dalam mendukung kebersihan kota dan pengendalian banjir akan memperkuat sinergitas, kerjasama dan koordinasi dengan stakeholder terkait dalam percepatan pelaksanaan program tadi melalui MoU. Jadi dalam mendukung banjir, PKK tidak harus terjun ke gorong-gorong,” tegasnya.

Tentunya lanjut Rinda ini pun tidak terlepas dalam program penanganan sampah yang juga turut andil memberi kontribusi banjir disamping membenahi drainase.

“Tentunya sesuai program 100 hari kerja, bagaimana bersama menangani masalah banjir di simpang 4 Sempaja dan jalan DI Pandjaitan. Makanya hari ini lengkap, di samping Dinas PUPR dan DLH hadir, Camat Samarinda Utara dan Sungai Pinang juga kita minta hadir lengkap bersama lurahnya. Harapan kita tak ada lagi wisata air di simpang Sempaja dan DI Pandjaitan,” ucap Rinda lagi.

Selain itu, Rinda menambahkan program lainnya yang mendukung program 100 hari kerja adalah penanganan sampah.

“Program penanganan sampah, dalam waktu dekat kita akan melakukan pelatihan pengolahan sampah. Yang mana selama ini di mata masyarakat sampah menjadi angin lalu dan menjadi momok di masyarakat, melalui pelatihan ini sampah akan menjadi berguna,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan ketua Pokja IV Masdar John yang sangat mengharapkan terelisasinya sinergitas bersama lintas OPD.

Banyak hal yang didiskusikan dalam mensinergikan program Pokja IV yang dipandu moderator dari Anggota Pokja IV dr Irama Madjid, yang mana terlebih dulu presentasi program oleh Sekretaris Pokja IV drg Deasy Evriyani.

Tampak hadir Plt kepala Dinas Kesehatan dr Ismid Kusasih, kepala Dinas Pertanian Endang Liansyah, Camat se Kota Samarinda dan lurah terkait, ketua PKK Kecamatan, Puskesmas hingga lintas OPD terkait.(dho)

Bagikan:

Related posts