Wagub Sebut Peran dan Fungsi Wartawan Sangat Penting

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menegaskan peran dan fungsi wartawan diera keterbukaan informasi saat ini, sangat penting dan strategis, khususnya dalam upaya mendukung jalannya pembangunan, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengawal cita-cita reformasi.

“Utamanya dalam hal pemerataan pembangunan, kesejahteraan rakyat, penegakan hukum dan demokrasi, termasuk kebebesan pers,” sebut Hadi Mulyadi usai Bersilaturahmi dan Berbuka Puasa Bersama (bukber) dengan Wartawan di Kaltim, digelar di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Kaltim Jalan Milono Samarinda, dikutip Swara Kaltim melalui media Biro Humas Setprov Kaltim, Rabu (28/4/2021).

Bagi Hadi eksistensi wartawan sudah mendapat tempat terhormat dan dilindungi secara hukum sesuai UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Pemprov Kaltim, lanjut Hadi, memberikan apresiasi tinggi pada wartawan dan media massa lokal maupun nasional yang selama ini sudah banyak memberikan dukungan bagi terlaksana dan suksesnya pembangunan di Kaltim.

“Tanpa mengurangi pentingnya posisi dan kontribusi wartawan, saya memandang pentingnya ada koreksi pada wartawan, agar tetap berjalan pada rel atau ketentuan yang ada, agar tidak kebablasan atas nama kebebesan pers,” tegasnya.

Hadi Mulyadi berpesan agar wartawan dalam melaksanakan tugasnya, dapat memang tuguh kode etik jurnalistik yang merupakan etika profesi wartawan, berdasarkan UU Pers No 40 tahun 1999.

“Teruslah belajar, belajar dari pengalaman, meningkatkan SDM dan kompetensi sesuai dengan bidang tugas kewartawanan masing-masing. Jalin kerjasama dan kemitraan yang baik dengan semua pihak, yang dapat memperkuat aksistensi dan citra yang baik wartawan di mata masyarakat,” pesan Hadi Mulyadi.

Sebelumnya, Kepala Biro (Karo) Humas Setdaprov Kaltim HM Syafranuddin biasa disapa Ivan mengapresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan ini dapat mempererat tali silaturahmi dengan awak media baik cetak, maupun elektronik, baik lokal maupun nasional di Kaltim.

“Dengan silaturahmi ini dapat mempererat hubungan antara Pemprov dan wartawan dalam mendukung program-program Pemerintah Daerah,” ucap Ivan.

Tampak Hadir Kepala Bagian (Kabag) Kehumasan Setdaprov Kaltim Andik Riyanto,
Ketua PWI Kaltim Endro S Effendi beserta Pengurus PWI. Kasubbag Internal dan Eksternal Biro Humas Setdaprov Kaltim Hj Murni. (aya/sk)

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts