Wakil Ketua PKK Sedih, Ungkap 13,3 Ton Sampah Terjaring di Sungai

SAMARINDA, Swara Kaltim
Wakil Ketua TP PKK Samarinda Hj Herli Warsita Rusmadi mengaku sedih mengetahui masih banyaknya perilaku warga Samarinda yang suka membuang sampah sembarangan terlebih di Sungai Karang Mumus.
“Selama dua bulan setelah pak Andi Harun dan pak Rusmadi dilantik, ada sebanyak 13,3 ton sampah yang terjaring di Sungai Karang Mumus oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) yang memasang jaring di beberapa titik di sungai,” ucap Herli di hadapan warga kecamatan Sungai Pinang yang menghadiri Safari Ramadhan PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP kota Samarinda di masjid Agung Pelita Samarinda, Rabu (28/4/2021).
Ia mengatakan kecamatan jumlah penduduknya terbanyak di Samarinda, dan sungai Karang Mumus berada di kecamatan Sungai Pinang yang memiliki 5 kelurahan.
“Banyaknya sampah yang terjaring di SKM, gambaran perilaku warga yang masih suka membuang sampah sembarang. Mindset seperti ini harus dirubah. Jangan beranggapan ada pemerintah atau DLH yang mengangkut sampah, jadi semaunya membuang sampah. Sebagus apapun program pemerintah, kalau warga tidak mendukung, ya percuma saja,” tegas isteri Wakil Wali Kota Samarinda ini.
Oleh karena itu Herli mengajak warga Samarinda bersama menjaga kota Samarinda, termasuk salah satunya tidak membuang sampah sembarangan karena merusak lingkungan.


“Sampah ini juga penyumbang besar masalah terjadinya banjir di kota kita. Jika dibuang sembarang, akan menyumbat dan menggangunya lancarnya air mengalir di drainase kota,” ungkap Herli.
Terpisah Kepala DLH Samarinda Nurrahmani menyebutkan angka tadi belum termasuk sampah yang larut dan tak sempat tersangkut di jaring-jaring yang dipasang DLH Samarinda.
Ia mengatakan DLH Samarinda memasang jaring di beberapa jembatan yang ada di Samarinda, sebagai salah satu program penanganan sampah, sesuai dengan program prioritas 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota.
“Masalah sampah merupakan komitmen pak Wali bersama pak Wawali. Bahkan pelantikan pejabat pun yang perdana dilakukan di TPA Bukit Pinang. Ini sinyal yang diberikan mereka bahwa komitmen menangani sampah. Termasuk Pak wali meminta untuk memasang jaring di beberapa jembatan,” terang Yama demikian Nurrahmani disapa.(dho)

Bagikan:

Related posts