Baznas Berhasil Himpun Rp 1,7 M Lebih Zakat Selama Ramadan

Caption: Suasana kegiatan paket senyum ramadhan saat diserahkan Bupati Berau Sri Juniarsih.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Ditengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) yang sudah memasuki tahun kedua melanda dunia termasuk Bumi Batiwakkal, tidak menyurutkan perjuangan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau untuk tetap cekatan dalam mengumpulkan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS).

Bahkan di Ramadan 1442 H tahun 2021 ini, Baznas berhasil himpun Rp 1,7 milyar lebih. Jumlah tersebut diantaranya bersumber dari pembayaran zakat Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Wakil Bupati Berau Gamalis, Sekda Berau Muhammad Gazali, beberapa dari kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perusahaan dan masyarakat.

Menurut Ketua Baznas Berau Busransyah saat dijumpai usai kegiatan paket senyum ramadan di Balai Mufakat, Rabu (5/5/2021), menjelaskan pengumpulan zakat ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap bulan ramadan. Dan yang merealisasikan pembayaran zakat ramadan tahun ini khusus perusahaan kembali hanya PT Berau Coal dan PT Buma.

Kata dia, untuk perusahaan lain infonya ada puluhan, baik disektor pertambangan maupun perkebunan namun yang menyalurkan zakat di Baznas baru dua perusahaan tersebut.

“Alhamdulillah pengumpulan zakat dari awal ramadan hingga H-8 lebaran idul fitri mencapai Rp 1,7 miliar lebih. Jadi kalau digabungkan dengan ZIS telah terkumpul di triwulan pertama tahun ini yang sebesar Rp 1,6 miliar lebih berarti total terkumpul sekarang Rp 3,3 miliar lebih,” kata tuturnya.

Diakuinya, zakat yang berhasil dihimpun Baznas dalam jangka setahun harus bisa disalurkan semuanya, “Itu bukan hal mudah, namun karena itu tugas kita maka selalu berupaya jalankan. Jadi tidak boleh sampai mengendap,” jelas Busransyah.

Siapa saja berhak menerima zakat, ada delapan (8) asnaf tambah Beliau, yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fisabilillah dan ibnu sabil.

“Kedepan dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ribuan jumlahnya itu juga besar harapan Baznas bisa menyalurkan zakatnya melalui kita,” imbuhnya.

Masih mantan kepala Departemen Agama (Depag) itu, Khusus kegiatan paket senyum sasaran Baznas adalah anak yatim usia Sekolah Dasar (SD) sebanyak 500 orang dan mustahik 1000 orang.

“Mudah mudahan paket bantuan diberikan bermanfaat dan membantu para yatim dan mustahik tersebut menyambut tibanya lebaran yang kurang lebih seminggu lagi,” Busransyah. (nht)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)


NB:

Bagikan:

Related posts