Pemkab Mahulu Kembali Jalankan Speedbout SOA ke Ulu Mahakam

Caption: Kabid Perhubungan Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Darsono saat ditemui wartawan.

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Subsidi Ongkos Angkut (SOA), salah satu program Gerbang Mas yang setiap tahunnya dirasakan warga lima kecamatan se-Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), kembali berjalan pada 10 Mei 2021.

Hal itu disampaikan Kabid Transportasi Darat dan Sungai Dishub Mahulu, Sudarno, saat dihubungi wartawan, belum lama ini.

“Ada 15 armada speedbout SOA yang akan beroperasi hingga Desember mendatang. Namun rutenya khusus melayani warga yang berada di perbatasan. Mulai dari Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, menuju Kecmaatan Long Pahangai dan Long Apari di Tiong Ohang,” tuturnya.

Ia menyebut, rute pelayanan armada speedbout SOA wilayah ilir Kecamatan Laham dan Long Hubung, masih dalam proses di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemekan Mahulu.

Oleh karena itu, kepada masyarakat wilayah Ilir untuk bersabar. Sudarno menjamin dengan SOA, ongkos bepergian antar kampung dan kecamatan jadi lebih hemat. Terutama moda transportasi di Sungai Mahakam. Yang menggunakan armada speedboat.

“SOA bertujuan meringankan beban masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Terutama di kawasan perbatasan,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan sesuai hasil evaluasi, tahun ini program SOA diperbanyak ke wilayah Ulu Riam. Yakni rute angkutan dari Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari.

“Alokasi anggaran SOA setiap tahun sebesar Rp 10 miliar. Begitu pula tahun ini. Namun tahun ini rute lebih banyak ditujukan ke Ulu Riam,” pungkasnya.

Penulis : Alfian (SK)

Editor : Redaksi

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts