Akhirnya Eks TPS DI Panjaitan Relokasi ke Tri Dharma, Sempat Terjadi Penolakan Warga

SAMARINDA, Swara Kaltim
Sempat terjadi penolakan beberapa orang warga, akhirnya Camat Sungai Pinang Siti Hasannah memastikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) pinggir jalan utama Jalan DI Panjaitan (depan Gang Tri Dharma) direlokasi masuk ke dalam Gang Tri Dharma.
“Pagi ini kita kecamatan Sungai Pinang didukung lintas OPD seperti Dinas PUPR Samarinda yang menurunkan Excavator, ada DLH, Dishub, Satpol PP dan lainnya melakukan pembongkaran eks gedung boster Perumdam (PDAM, red). Gedung ini sudah tidak dimanfaatkan lagi, jadi nanti di sini akan dijadikan lokasi TPS relokasi yang di pinggir jalan DI Panjaitan,” ucap Camat Sungai Pinang, Jumat (28/5/2021).
Siti mengatakan pada awalnya ada penolakan dari warga untuk ditempatkan TPS pindahan dari yang di pinggir jalan, hingga akhirnya tetap diputuskan di eks boster PDAM ini.

“Ada beberapa orang yang menolak. Tapi demi kepentingan umum dan mendukung program 100 hari kerja Pak Wali dan Pak Wakil Walikota, yaitu program relokasi TPS di pinggir jalan. Hanya beberapa orang yang menolak,” tegas Hasannah demikian Siti akrab disapa.
Hassanah mengutarakan awalnya memang ada penolakan seperti di daerah-daerah lain, tapi akhirnya warga berbalik mendukung.
“Seperti harapan Pak Wali dan Pak Wawali, ketika tamu datang tidak elok jika disungguhi dengan sampah-sampah di pinggir jalan. Apalagi Samarinda adalah daerah penyangga IKN,” terang Hasannah.
Hasannah mengatakan akan mempersiapkan lahan terlebih dahulu, untuk selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang akan meletakkan TPS-nya.
“Kami akan melakukan pengawasan dan edukasi kepada masyarakat terkait relokasi TPS ini. Kita di jajaran pemerintah kota Samarinda siap berubah untuk kemajuan dan pembangunan kota kita bersama, begitu juga warga pun harus mendukung. Siap berubah juga,” pungkas Hasannah.
Terpisah kepala DLH Samarinda Nurrahmani mengatakan pembongkaran yang dilakukan untuk program relokasi TPS dari tepi jalan utama. “Secepatnya kita relokasi TPS-nya setelah benar-benar lahannya sudah siap,” tandas Yama demikian Nurrahmani disapa.(dho)

Bagikan:

Related posts