Dari 116 TPS, Sudah 111 Direlokasi, Rusmadi: Bukan Sekadar Berhasil Memindahkan, Pengurangan Volume Penting

SAMARINDA, Swara Kaltim
Relokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menjadi salah satu prioritas Program 100 Hari Kerja Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun – Wakil Wali Kota Dr Rusmadi. Terutama TPS di pinggir jalan protokol, yang dianggap merusak tata dan estetika Kota Tepian.
Dalam kegiatan evaluasi program 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda di ruang Harvard Balaikota Samarinda yang langsung dipimpin Rusmadi, Senin (31/5/2021) dikatakan Rusmadi terkait program relokasi TPS, sudah mencapai target cukup besar.
“Dari 116 TPS yang harus direlokasi, sudah 111 TPS yang sudah dipindah. Tinggal 5 TPS yang belum,” ungkap Rusmadi.
Dikatakan Rusmadi hari ini memasuki hari ke-95. Jadi tinggal lima hari lagi, genap 100 hari kerja. “Rapat kita ini dimaksudkan untuk membangun kriteria dan indikator untuk mengukur tingkat keberhasilan,” ujar Wawali Rusmadi.


Terutama lanjut dia, untuk memetakan program mana saja yang sudah berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh warga. Kemudian program yang sudah selesai 100 persen, program kerja dengan progres di bawah 100 persen, serta program kerja yang belum dijalankan sama sekali.
“Misalkan program relokasi TPS tadi, dari rencana 116 TPS yang harus dipindahkan, lima di antaranya belum direalisasikan pemindahannya. Baru 111 yang sudah dipindahkan. Tapi intinya kita bukan hanya sekadar berhasil memindahkan TPS. Tapi juga mengurangi volume sampah,” ungkapnya.
Yang juga tak kalah penting lanjut dia, adalah semua ini tidak hanya untuk mengejar 100 hari. Tetapi harus bisa menjadi budaya bersama, termasuk budaya untuk tertib membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda Umar Shodiq menambahkan Jumat kemaren telah dilakukan pembongkaran eks bangunan boster Perumdam Samarinda yang akan menjadi tempat relokasi TPS di Jalan DI Panjaitan.
“Eks bangunan boster Perumdam Samarinda ini lokasinya di Gang Tri Dharma jalan DI Panjaitan. Jadi saat ini masih pematangan lokasi, setelah siap barulah diletakkan kontainer TPS-nya,” ungkap Umar.(dho)

Bagikan:

Related posts