Pengembangan Daerah Sesuai Potensi Daerah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kalimantan Timur selain memiliki luasan kawasan melebihi Pulau Jawa, juga potensial untuk pengembangan kegiatan usaha pertanian dalam arti luas.

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, potensi agrobisnis tersebar di seluruh kawasan daratan maupun perairan yang bisa diusahakan masyarakat didukung pemerintah daerah melalui program-program prioritasnya.

“Kalau kita membuat program prioritas, maka program itu pasti pro rakyat. Seperti pengembangan pertanian dalam arti luas,” kata Isran Noor di Pendopo Odah Etam, Senin (31/5/2021).

Kegiatan agribisnis lanjut mantan Bupati Kutai Timur ini, melalui program pertanian dalam arti luas sangat penting dan strategis dalam pemberdayaan ekonomi rakyat.
Dan tidak kalah pentingnya, tambahnya, pertanian adalah kegiatan usaha ekonomi terbarukan sebagai lokomotif ekonomi Kaltim kedepan.

Sebab, tegasnya, kekayaan sumber daya alam yang dimiliki saat ini akan habis, selain tidak bisa diperbarui juga setiap saat terus dieksploitasi.

“Kita jangan merasa kenyamanan ada batubara, minyak dan gas. Itu habis, tunggui aja, habis tu,” ujarnya.

Karenanya, orang nomor satu Benua Etam ini mengajak kepala daerah melalui perangkat daerahnya membuat program pro rakyat di sektor pertanian dalam arti luas.

“Tempat kita ni apanya yang tidak bisa diusahakan. Tanam padi bisa, jagung bisa. Sayuran apa aja tumbuh, pelihara sapi, itik, ayam bisa. Mau budidaya ikan, banyak kawasannya,” ungkanya.

Hanya saja, tambahnya, komitmen kepala daerah untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan dan kawasan dengan pengembangan agrobisnisnya.

“Perkebunan, pertanian pangan, hortik, peternakan, perikanan, juga kegiatan kehutanan. Silahkan kembangkan sesuai potensi wilayah dan lahannya,” ungkap suami Hj Norbaiti ini.(yans/sdn/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Loading

Bagikan: