Targetkan Kaltim Lima Besar KIP

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Muhammad Faisal, menargetkan tahun 2021 ini, Provinsi Kaltim bisa masuk lima besar dalam kualifikasi kategori informatif Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Sekarang ini sudah proses perhitungan oleh Komisi Informasi Pusat, Insya Allah, kita targetkan Kaltim bisa masuk atau naik peringkat lima besar tahun 2021, dalam kualifikasi kategori informatif Keterbukaan Informasi Publik,”kata Muhammad Faisal, usai menghadiri acara penyerahkan  simbolis bantuan nutrisi susu bagi anak-anak ojol di Kaltim, yang dilaksanakaan di Aula Dinas KP3A Kaltim, dikutip swara kaltim melalui berita Biro Humas Setprov Kaltim, Rabu (7/7/2021).   

Faisal menambahkan, tahun 2020 lalu,  Provinsi Kaltim sebagai salah satu Provinsi yang masuk delapan besar kategori informatif pada penilaian Komisi Informasi Pusat. Tahun ini Pemerintah Provinsi Kaltim dapat berhasil masuk dalam lima besar kualifikasi informatif kategori pemerintah provinsi.

“Kita tetap optimis Kaltim bisa masuk lima besar kualifikasi informatif kategori Pemerintah Provinsi, karena berbagai  upaya sudah dilakukan, termasuk setiap minggu melakukan road show ke masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), terutama kepada  OPD yang masih katagori di bawah, supaya meraka bisa naik katagorinya,” tandasnya.

Faisal mengakui berdasarkan hasil monitoring dan eveluasi (monev) tahun 2020, memang masih  banyak OPD yang belum melaksanakan keterbukaan informasi, oleh karena pihaknya  terus melakukan road show ke setiap OPD sebagai upaya dalam pelaksanaan keterbukaan informasi.

“Hasil road show yang kita lakukan seminggu sekali ke OPD, langsung kita sampaikan hasilnya, bagi OPD yang masih rendah, diminta untuk diperbaiki, dan respon dari OPD luar biasa, dan kalau di monev tahun 2021 semuanya sudah meningkat.Insya Allah ada peningkatan signifikan tahun ini, dan itu tentunya  juga sangat berpengaruh terhadap penilaian  Komisi Informasi Pusat,” paparnya.

Faisal menambahkan, terkait keterbukaan informasi Gubernur Kaltim  berharap Provinsi Kaltim  bisa tetap bertahan pada sepuluh besar dalam kualifikasi informatif kategori pemerintah Provinsi.

“Tapi target kami, Kaltim bisa naik lima besar dalam kualifikasi informatif kategori pemerintah Provinsi, untuk mencapai itu,  tentu perlu kerja keras para OPD untuk melaksanakan keterbukaan infornasi,  dan itu juga menjadi kewajiban dari UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” pesan Faisal.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts