Peringati HBA Ke-61 dan Puncak HUT IAD Ke-21, Kejati Kaltim Kunjungi Makam Pahlawan Dan Beri Santunan Pendidikan.

Samarinda-Swarakaltim.com Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) KE-61 serta puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) KE-21 Tahun 2021, pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim melakukan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) dengan mengirim karangan bunga di Jalan Pahlawan Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (21/7/2021) kemarin pagi.

Setelah selesai kegiatan di TMP, dilanjutkan dengan melakukan upacara secara virtual di Ruang IAD Kantor Kejati Kaltim Jalan Bung Tomo Kecamatan Samarinda Seberang.

Kegiatan upacara virtual ini dilaksanakan secara serentak seluruh IAD Kejati dan IAD Kejari di Indonesia dengan mengangkat tema “Peduli Keluarga dan Bangsa”.

Dalam sambutannya, Jaksa Agung ST. Burhanuddin mengatakan bahwa HUT IAD ke-21 dirasa sangat istimewa, karena diselenggarakan di masa bangsa ini berjuang keras mengatasi pandemi Covid-19.

“Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih pada segenap jajaran pengurus IAD baik pusat dan daerah atas berbagai program berkualitas yang dilakukan selama ini untuk kejaksaan keluarga,” lanjutnya.

“Ini momen yang tepat bagi organisasi untuk intropeksi diri seraya mengevaluasi dan berkaca atas apa yang diraih, serta diharapkan bisa menetapkan tujuan yang akan dicapai tahun mendatang,” ucapnya.

“Tema tersebut sangat tepat, karena memiliki makna yang dalam dan humanis, kepedulian adhyaksa merupakan salah satu tiang utama yang memberikan warna tersendiri dalam keharmonisan keluarga,” jelasnya.

“Kejayaan institusi maupun kemajuan bangsa bermula dari kehangatan keluarga, sifat kepedulian terhadap sesama yang diajarkan oleh seorang ibu harus terus dipelihara sebagai rasa syukur pada sang ilahi,” paparnya.

“Kiprah dan adhyaksa harus nyata dirasakan bagi anggota ikatan maupun masyarakat umum, terlebih dalam situasi pandemi saat ini,” tuturnya.

“Karya dan bakti nyata adhyaksa sangat ditunggu masyarakat, oleh karena itu saya sangat mendukung segala kegiatan sosial yang diselenggarakan IAD baik di pusat maupun daerah,” katanya.

“Di harapkan semua kegiatan yang telah di laksanakan ini, dapat meringankan beban mereka yang kesusahan dan tentunya semua program IAD harus memiliki peran strategis,” harapnya.

“Dan setiap Program yang ada, harus memiliki peran yang mampu berkontribusi dalam membangun citra kejaksaan dalam institusi penegak hukum,” ujarnya.

“Saya mengimbau agar semua jajaran IAD bisa menjaga kedudukan dan kepercayaan yang diberikan dengan selalu memberikan keteladanan,” pesannya.

“Berperilaku lah dengan pola hidup sederhana dalam keseharian di ruang publik, gunakanlah media sosial secara bijaksana dan ingat, perjuangan kita melawan Covid-19 belum berakhir, jadi saya minta kerja samanya,” tegasnya.

Usai upacara secara virtual, Kejati Kaltim melakukan kegiatan syukuran dengan pemotongan tumpeng dan kue oleh Wakil Ketua IAD Wilayah Kejati Kaltim, Anita Bambang Bachtiar serta Kajati Kaltim Deden Riki Hayatul Firman selaku Pengawas IAD.

Setelah itu, Kejati Kaltim melaksanakan penyerahan dana santunan pendidikan yang diberikan kepada putra-putri pegawai Kejati Kaltim berprestasi baik di tingkat SD, SMP, dan SMA. (AI)

Bagikan:

Related posts