Hadiah Ratusan Juta, Demokrat Gelar Lomba Karya Kreatif

Mulai Menyanyi, Menulis, Video Pendek, Melukis Fotografi dan Desain

SAMARINDA, Swara Kaltim
Sudah 19 bulan pandemi Covid-19 menghantam, namun belum juga ada tanda-tanda usai. Perekonomian rakyat, termasuk para pekerja kreatif terpuruk. Untuk menumbuhkan semangat pelaku industri kreatif yang terpukul, Partai Demokrat menyelenggarakan lomba karya kreatif, secara berjenjang, dari tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Lomba ini juga diselenggarakan menyambut dua dekade Partai Demokrat yang akan jatuh pada tanggal 9 September 2021 nanti.
Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim Syaharie Jaang kepada wartawan, Minggu (8/8/2021).

Menurut Jaang, ada enam bidang kreatif yang diperlombakan yaitu menyanyi, menulis, melukis dan karikatur, video pendek, fotografi, dan desain merchandise.

“Total hadiah yang disediakan mencapai ratusan juta rupiah. Lomba terbuka bagi masyarakat umum maupun pekerja kreatif profesional pada masing-masing bidang,” ucap walikota Samarinda periode 2010-2015 dan 2016-2021 ini.

Adapun tema utama lomba adalah Demokrat berkoalisi dengan rakyat. Setiap peserta lomba bebas memilih satu dari lima sub tema yang disediakan yakni Penanganan Covid-19, Selamatkan Ekonomi Rakyat, Selamatkan Demokrasi, Keadilan dan Kedamaian, dan Muda Adalah Kekuatan.

Lebih rinci ditambahkan ketua Panitia tingkat DPD Partai Demokrat Kaltim Tumbur Ompu Sunggu, bahwa pendaftaran lomba dimulai sejak 8 Agustus 2021 melalui sekretariat DPD Partai Demokrat di masing-masing provinsi, dan tenggat waktu (deadline) memasukkan materi lomba terakhir tanggal 28 Agustus.

“Untuk di Kaltim, pendaftaran bisa langsung ke sekretariat DPD Partai Demokrat Kaltim di Ruko Perumahan Bumi Sempaja jalan PM Noor, Samarinda,” terang pengacara senior ini.

Kemudian lanjutnya setelah materi lomba dikumpulkan, juri pada tingkat DPD Partai Demokrat (Provinsi) akan menyeleksi karya-karya terbaik pada 29-31 Agustus 2021 dan mengumumkan juara 1 sampai 3 pada tanggal 1 September 2021.

Selanjutnya, tambah Tumbur lagi, Juara 1 di tingkat DPD Partai Demokrat (Provinsi) secara otomatis diikutkan dalam kompetisi nasional, yang berhadiah lebih besar.

“Pemenang tingkat nasional akan diumumkan pada HUT Partai Demokrat tanggal 9 September 2021,” katanya.

Ia mengemukakan selain lomba kreatif, Partai Demokrat juga menyelenggarakan bulan Bakti, sebagai wujud komitmen ‘Demokrat Berkoalisi dengan Rakyat.’

Ada dua kegiatan selama bulan Bakti ini, yakni Bakti Sosial dan Bantuan Sosial, dengan sasaran utama masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman), masyarakat tidak mampu, dan para simpatisan Partai Demokrat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ia menyebutkan bulan bakti dilaksanakan sejak 11 Agustus hingga 30 September 2021. Bulan Bakti merupakan kelanjutan Gerakan Nasional Partai Demokrat (GNPD) Peduli & Berbagi yang telah dilaksanakan sejak awal pandemi Covid-19.

Partai Demokrat ikut merasakan kesulitan rakyat selama situasi pandemi ini. Dengan keinginan untuk jadi bagian dari solusi, Partai Demokrat menjadikan momen peringatan Dua Dekade Demokrat ini untuk membantu rakyat sekaligus memelihara semangat kreatif dengan semangat ‘Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat’.(dho)

Bagikan:

Related posts