Hujan 1 Jam di Kota Balikpapan, Sejumlah Kawasan Tergenang Air

Genangan air di kawasan Perumahan Wika RT 15 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kec Balikpapan Utara,(19/8/’21).

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Akibat Hujan curah hujan intensitas tinggi di Kota Balikpapan sejak pukul 08. 00 wita Kamis (19/8/’21) berdampak kepada beberapa kawasan tergenang banjir. Seperti kawasan Perumahan Wika RT 15, Jalan Swadaya dalam RT.02, depan Global Sport Jalan MT Haryono Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Balikpapan Utara, serta ruas Jalan Utama MT Haryono hingga Depan RS Siloam termasuk simpang jalan ke BDS Balikpapan Selatan.

Dalam laporan di lapangan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Info Bencana, Kepolisian dan relawan lainnya melaporkan beberapa titik genangan banjir di beberapa titik di Balikpapan seperti wilayah Balikpapan Tengah Tugu Adipura Jalan Ahmad Yani, Pasar Segar Balikpapan Baru, Simpang Gunung Sari, Gunung Guntur, Jalan Asnawi Arbain. Hingga kawasan Kampung Timur.

”hujan mulai sekitar jam 08.00 Wita. Kendaraan roda dua yang bisa menggunakan akses perumahan Wika ke Balikpapan baru dan sebaliknya tidak dapat dilewati,” ujar Budi Satpam perumahan yang juga mengirimkan foto banjir di lingkungannya RT.15

Budiono BABINSA Kel GsB Balikpapan Utara memantau luapan air hujan di drainase Kampung Timur RT.02 dan RT 01

Sementara di Pemukiman warga Kampung Timur Swadaya dalam RT.02 Gunung Samarinda Baru (GSB) pada pukul 09.00 hujan sempat berhenti, namun sekitar pukul 09.30 wita kembali turun dengan intensitas sedang.

Kepala BPBD Suseno yang melakukan pemantauan menyampaikan selain hujan deras juga kondisi air laut sedang pasang dengan ketinggian sekitar 57 centimeter dan diprakiraan BMKG hujan hingga pukul 10.30 wita.

Dalam pantauan media ini sejumlah relawan, petugas kepolisian serta BPBD, SAR terlihat membantu kendaraan mobil yang terjebak banjir di depan Living Plaza. Begitu juga di perumahan Wika, dan sekitaran Depan RS Siloam MT Haryono beberapa kendaraan roda dua harus didorong karena mogok. Ketinggian air berkisar 20-50 centimeter di ruas jalan Mt Haryono.
Hingga pukul 09.50 wita curah hujan mulai reda, dan air di berbagai kawasan seperti perum Wika mulai surut, tapi diseputaran jalan utama depan pasar segar Perumahan Balikpapan Baru air masih menggenangi badan jalan. (SIS)

Bagikan:

Related posts