Bandara SAMS Sepinggan Kembali Mendapatkan Penghargaan Tingkat Dunia Kategori Best Airport By Size & Region.

BALIKPAPAN,Swarakaltim.com Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaliman Sepinggan Balikpapan (SAMS) kembali mendapatkan prestasi penghargaan terbaik dalam memberikan kualitas pelayanan (ASQ Award) untuk kategori bandara berkapasitas 5 hingga 15 juta penumpang per tahun.

Dengan mendapatkan penghargaan dari Airport Council Internasional (ACI) yang bermarkas di Montreal Kanada ini / maka Bandara SAMS merupakan bandara yang kosisten mempertahankan penghargaan hingga 4 kali berturut turut sejak tahun 2017.Jumat(10/9/2021)

Menurut General Managerp Angkasa Pura 1 Balikpapan Barata Singgih Riwahono saat diwawancarai awak media, tahun ini terdapat tiga bandara yang meraih penghargaan Best Airports in Asia Pacific by Size,pada ajang ASQ Awards dari ACI tersebut adalah Bandara SMAS Sepinggan, Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk kategori kapasitas 5-15 juta penumpang pertahun.Sedangkan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada kategori kapasitas bandara 2-5 juta penumpang per tahun.

“Tidak semua bandara mendapatkan ASQ Award dari ACI, dikarenakan hanya bandara yang mengajukan diri untuk dilakukan penilaian.Dari 348 bandar dari seluruh region dilakukan penilaian.Terdapat 115 di region Asia Pasifik termasuk Indonesia,” kata Barata.

Dari 115 bandara terdapat 29 bandara masuk dalam kategori 5–15 juta penumpang termasuk Sepinggan Balikpapan. Bandara SAMS Balikpapan sejak tahun 2017 mengikuti ajang ASQ dari ACI dan mendapatkan dua predikat.Sedangkan tahun 2018 hingga 2021 berhasil mempertahankan best airport quality.

“Pencapaian mendapatkan penghargaan ini, berkat dukungan semua komunitas bandara yang bersunguh sunguh memberikan pelayanan terbaik kepada costumer.Karena kami sifatnya hanya mengoordinasikan seluruh entitas bandara, ” ujarnya.

Barata mengungkapkan, untuk penilaian oleh ACI dilakukan 4 kali dalam setahun.Pada 2020 periode Januari – Maret belum ada deklare pandemi kita raih angka 4,98 Poin. Penilaian kedua awal pendemi larangan penerbangan April Mei mulai berdampak angka kita 4,62 turun. Kemudian triwulan ketiga Juli – September kita sudah recover diangka angka 4,92 dan kita berhasil di angka 4,99 pada triwulan ke empat.

Perlu diketahui, atas penghargaan ini pihak PT Angkasa Pura 1 Balikpapan mengucapkan selamat dari komunitas bandara dengan menggelar syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng dan berikan kepada Suwono dan Nanik yang bekerja sebagai petugas kebersihan selama kurang lebih 25 tahun. Pemberian penghargaan juga dihadiri semua stakeholder bandara diantaranya Airnav, Otban, KKP, DPPU, Beacukai, Polsek Bandara, pimpinan airlane, di lantai kedatangan Bandara Sepinggan. Pelaksanaan berlangsung menerapkan protokol kesehatan secara ketat baik mengunakan masker, duduk berjarak dan diikuti stakholder sesuai anjuran satgas covid 19.

Sebagai informasi total peserta yang mengikuti ajang tersebut sebanyak 348 Bandara di seluruh dunia yang dibagi menjadi 6 wilayah yaitu Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengahh, Afrika dan Asia Pasific terdiri dari 6 kategori yakni :

  1. Best Airport By Size & Region < 2 juta penumpang/tahun
  2. Best Airport By Size & Region 2 – 5 juta penumpang/tahun
  3. Best Airport By Size & Region 5 – 15 juta penumpang/tahun
  4. Best Airport By Size & Region 15 – 25 juta penumpang/tahun
  5. Best Airport By Size & Region 25 – 40 juta penumpang/tahun
  6. Best Airport By Size & Region > 40 juta penumpang/tahun

Di wilayah Asia Pasific sendiri terdapat 115 Bandara dan yang mengikuti kategori Best Airport By Size & Region 5 – 15 juta penumpang/tahun sebanyak 29 Bandara salah satunya adalah Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Dengan diraihnya penghargaan dari lembaga kredible bertaraf internasional menempatkan Bandara SAMS Sepinggan setara dengan Bandara-bandara terbaik tingkat dunia wilayah Asia Pasifik.(*SIS)

Bagikan:

Related posts