Pemkab Kukar Resmikan Pameran Kearsipan, Sekaligus Lauching Aplikasi Pondok Kesah Ayumi

Edi Damansyah ; Ingatkan Arsip Itu Penting, Guna Bisa Membantu Menyelesaikan Masalah

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) telah meresmikan Pameran Kearsipan sekaligus melauching Aplikasi Pondok Kesah Ayumi di Aula Diarpus Pemkab Kukar, Senin (13/9/2021).

Kegiatan ini dilakukan secara langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dengan didampingi Sekda Kukar Sunggono, Asisten 1 Ahmad Taufik, dan Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar Aji Yuli Midriani.

Dalam pelaksanaan peresmian dan lauching ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), yakni para peserta yang hadir secara langsung dibatasi guna menghidari kerumunan, sedangkan lainnya bisa mengikuti dengan menggunakan aplikasi zoom meeting.

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustaan Kukar Aji Yuli Midriani menjelaskan bahwa dengan adanya pameran kearsipan dan aplikasi pondok Kesah Ayumi merupakan inovasi dan terobosan baru dalam menyampaikan serta memberikan pelayanan kearsipan terbaik untuk membangun pemerintah modern di kukar.

“Dengan adanya pameran dan aplikasi ini telah menjadi program kerja kami yang nantinya untuk memberikan informasi yang unik dan bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat di Kabupaten Kukar,” lanjutnya.

“Ini menjadi tertib arsip dan program prioritas pada penyelenggara Pemerintah Daerah dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, penyelamatan, penggunaan dan penyediaan sumber daya pendukung kearsipan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyampaikan apresiasinya atas inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpusatakan Kukar.

“Penghargaan dan terima kasih, berkat kegiatan Diklat kepemimpinan yang diikuti pejabat Diarpus menghasilkan inovasi yang diterapkan di Kukar,” imbuhnya.

“Arsip adalah salah satu element administrasi pemerintahan daerah dan sangat penting dalam kehidupan masyarakat didalam pemerintahan daerah,” ucapnya.

“Dalam pelaksanaan kegiatan kearsipan dan perlindungan terhadap individu atau kelembagaan saling terkait, maka dari itu Arsip berupa aset, histori kearsipan tidak boleh dipandang sebelah mata,” tuturnya.

“Saya berharap dengan adanya inovasi yang dilakukan OPD ini, bisa memacu semangat rekan lainnya dalam mendukung dan mewujudkan Kukar semakin unggul,” pesannya.

Bupati Edi Damansyah menilai aplikasi Pondok Kesah AYUMi yang diluncurkan hari ini sangat bermanfaat untuk merekam segala bentuk data, baik pribadi ataupun yang sifatnya instansi bisa tersimpan secara aman.

“Dinas kearsipan ini sangat luar biasa, apalagi dengan adanya aplikasi Pondok Kesah AYUMi sangat bermanfaat untuk kita semua, karena dari rekam ini segala arsip bisa tersimpan dan tentunya ini bisa menjadi sebuah hal yang baik untuk penataan arsip kedepannya, khususnya bagi OPD dan masyarakat,” ujarnya.

Edi Damansyah mengingatkan juga agar jangan abaikan arsip karena dalam perjalanannya selama ini terdapat kendala yang dihadapi. Misalnya ada gugatan seperti tanah sekolah di Kecamatan, yang sangat minim dokumennya sehingga harus mencari orang yang dulu menghibahkan.

“Dalam urusan arsip, Pemkab Kukar telah meraih apresiasi kategori sangat terbaik dalam nilai kinerja, baik ditingkat daerah, provinsi hingga di tingkat Pemerintah Pusat, oleh karena itu harus dipertahankan dan ditingkatkan terus menerus,” terangnya.

“Dan kepada masyarakat di kukar yang memiliki informasi ataupun menemukan sesuatu barang unik bisa menghubungi Diarpus Kukar,” pungkasnya. (Adv/AI)

Bagikan:

Related posts