Peringatan HKN ke 57 di Tengah Pandemi, Masyarakat Lebih Waspada dan Tetap Prokes

Loading

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Peringatan upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 bertema Sehat Negaraku Tumbuh Indonesiaku, di gelar di halaman Pemkot Balikpapan di hadiri Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FOrkopimda) kota Balikpapan, Jumat (12/11/21)

Kegiatan HKN dilaksanakan dengan sejumlah kegiatan mulai dari upacara HKN, serah terima mobil jenazah dari isoter serta flag off, peninjauan lokasi vaksinasi massa bagi pelajar di Aula Kantor Pemkot, peresmian pelayanan test PCR di Labkesda serta ziarah ke makam Pahlawan kesehatan di TPU Terpadu Km 15 Balikpapan Utara.

Dalam sambutanya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengungkapkan, tahun 2021 menjadi momentum penting bagi kebangkitan sektor kesehatan, khususnya di Kota Balikpapan, karena 2021 merupakan tahun kedua mewabahnya Covid-19.
“Kota Balikpapan dapat menunjukan perkembangan baik sejak kuartal ketiga, dimana hal ini tidak lepas dari kedisplinan kita semua menjalankan prokes dan menyukseskan program vaksinasi,” tegas Rahmad Mas’ud, Jumat (12/11/’21)

Saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Kota Balikpapan di bawah 50 kasus dengan tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 di seluruh rumah sakit di Kota Balikpapan tinggal 1,3 persen begitu juga dengan fasilitas isolasi terpadu yang sudah disiapkan seluruhnya telah kosong hanya tinggal 2 pasien di Hotel Gran Tiga Mustika. Sementara cakupan vaksinasi kita sudah mencapai 91,75 persen untuk dosis pertama dan 67,62 persen untuk dosis kedua.
“Dalam kesempatan ini kami memberikan apresiasi kepada insan kesehatan yang selama ini telah berupaya sangat luar biasa dalam menangani pandemi, mulai dari dokter, perawat, apoteker, bidan, petugas kebersihan, supir ambulan, petugas pemulasaran jenazah, sampai petugas pemakaman. Termasuk 9 orang rekan kita para nakes yang telah gugur saat menjalankan tugas, mudah-mudahan kinerja dan dedikasinya yang penuh dengan risiko ini menjadi amal ibadah,” katanya.

Bertepatan hari HKN ini, Pemkot Balikpapan menyerahkan bantuan kepada DKK Balikpapan berupa dua unit mobil ambulan PSC 119 serta 1 unit mobil operasional penanganan Covid-19. Selain itu, hari ini juga akan meresmikan laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) kota Balikpapan yang dilengkapi dengan perangkat tes PCR dan diharapkan mampu mengakselerasi penanganan pasien suspek Covid-19.

“Tentunya keberadaan lab ini, maka Kota Balikpapan sudah ada 13 lab yang dilengkapi dengan alat tes PCR atau terbanyak di Provinsi Kaltim,” ujarnya.

Rahmad menambahkan, melalui momentum HKN ini Pemkot Balikpapan mengajak seluruh masyarakat Kota Balikpapan untuk lebih peduli terhadap pentingnya kesehatan sebagai modal yang menunjang produktivitas, serta berupaya memperkaya informasi dan wawasan seputar kesehatan seiring dengan perubahan zaman yang semakin cepat

“Dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada dan tetap mematuhi prokes, khususnya menjelang momentum liburan akhir tahun dan tahun baru guna mencegah terjadinya gelombang ketiga penularan Covid-19,” tegas Rahmad.(SIS)