Kwarcab Pramuka Kubar Raih Juara 3 Kategori Tergiat se-Kaltim

Loading

KUTAI BARAT, Swarakaltim.com – Kwarcab Pramuka Kabupaten Kutai Barat, berhasil meraih juara 3 dengan kategori Kwarcab Tergiat 2021. Prestasi itu diterima Sekretaris Kwarcab Kubar Frans Kris Tiwow, dalam giat Musyawarah Daerah (Musda) pemilihan Ketua Kwarda Pramuka Kaltim masa bakti 2021-2026 di Kutai Timur.

Kegiatan Musda Kwarda Kaltim dilaksanakan di Hotel Royal Victoria Sangatta Kutim pada 26-28 November, dan dihadiri seluruh pengurus Kwarcab Kabupaten/kota yang dibuka secara langsung oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pengurus dan anggota gerakan Pramuka yang telah bergotong-royong bekerja sama dengan baik. Kwarcab Kubar memperoleh predikat juara 3 Kwarcab Tergiat 2021,” ungkap Ketua Kwarcab Kubar Yakobus Yamon, saat dihubungi Swara Kaltim, Sabtu (27/11/2021).

Pria akrab disapa Yamon ini berharap prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan ke depannya. Kata dia gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja.

“Walaupun di masa pandemi Covid-19 saat ini dan dengan keterbatasan anggaran. Kwarcab Pramuka Kubar tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan lainnya bagi masyarakat. Sehingga kegiatan banyak kita lakukan secara mandiri dengan keterbatasan dana hibah dari pemerintah,” tutur Yamon.

Dengan prestasi yang diraih Kwarcab Pramuka Kubar, hal itu sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Dwi Setya, Dwi Darma, dan Dasa Darma Pramuka. Selain itu Yamon sangat memaklumi keadan pemerintah di masa pandemi global saat ini.

“Kita maklumi kondisi pendemi saat ini. Walaupun ditahun 2021 ini, Kwarcab Pramuka Kubar hanya mendapat bantuan dana hibah dari Pemkab Kubar sebesar Rp 150 juta. Namun tak menyurutkan gerakan praja muda karana untuk tetap aktif dan tumbuh untuk NKRI,” imbuhnya.

Ia juga mengajak seluruh organisasi di Bumi Tanaa Purai Ngeriman ini, untuk terus berkarya dan berperan aktif dalam kegiatan sosial yang menyentuh kepada masyarakat. Dengan menggelorakan nilai-nilai pancasila dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi.

“Semoga kedepannya kita dapat membentuk karakter anak-anak Kubar sebagai anak bangsa dengan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi. Dan ini harus dilakukan secara masif agar tak menyurutkan semangat dari gerakan pramuka atas kecintaannya terhadap NKRI,” tukas Yamon.

Tak lupa Yamon mengucapkan selamat kepada Kwarcab Pramuka Kutai Timur, yang telah sukses menjadi tuan rumah selama Musda dalam pemilihan Ketua Kwarda Pramuka Kaltim masa bakti 2021-2026.

“Selamat dan sukses kepada Norbaiti Isran Noor terpilih sebagai Ketua Kwarda Kaltim 2021-2926, dengan menggantikan ketua lama Hatta Zainal. Semoga ketua terpilih dapat membangun dan bangkitkan kembali gerakan pramuka di Kaltim dari berbagai tingkatan,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi