Warga Pesisir Pantai di Minta Waspada Terhadap Banjir Rob

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada  akan potensi terjadinya banjir rob. Hal ini mengingat, cuaca di kota Balikpapan terkadang tidak menentu, kadang hujan deras di sertai  angin kencang, terkadang panas terik.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan Suseno, berdasarkan catatan yang ada, memang kejadian banjir rob di Kota Balikpapan yang terjadi pada tahun ini lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pada  tahun 2021 ini terjadi bencana banjir rob di sepanjang pesisir pantai Kota Balikpapan sebanyak 4 kali dengan ketinggian diatas 2 meter,” kata Suseno kepada awak media,Rabu (22/12/221).

Suseno menjelaskan, guna mengantisipasi kejadian bencana banjir rob, pihaknya siap membantu mengerahkan personil untuk membantu warga dalam melakukan evakuasi. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan apabila diperlukan bantuan medis.

“Banjir rob merupakan bencana alam, yang tidak mudah untuk diantisipasi, yang dapat dilakukan hanya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai untuk menaikkan tinggi bangunan agar lebih aman ketika terjadi banjir rob,” tutupnya.(*/SIS)

Loading