Tim Samapta Polres Kubar Patroli dan Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Melak

SENDAWAR, Swaraialtim.com – Meningkatnya curah hujan diwilayah Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), mengakibatkan datangnya banjir dikawasan pemukiman warga daerah dataran rendah pada umumnya.

Dengan sigap Kepolisian Resor (Polres) Kutai Barat (Kubar), melakukan pengecekan dan mengevakuasi warga pelintas, serta berikan pertolongan pertama kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Melak, Rabu (9/3/2022).

Kapolres Kubar AKBP Sonny Henrico Parsaulian Sirait, melalui Kasat Samapta AKP Costa Siahaan mengatakan, Patroli dan pengecekan serta evakuasi tersebut dalam rangka penanganan bencana banjir akibat kondisi cuaca saat ini dengan curah hujan cukup tinggi. Sehingga berdampak terjadinya banjir di sejumlah Kecamatan khususnya Kubar.

“Ketinggian banjir saat ini selutut orang dewasa, sehingga kami bersama anggota melakukan evakuasi warga pelintas di jalan raya yang tak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu membantu warga mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Bahkan listrik pun ikut padam,” tutur Costa saat memimpin patroli sembari beri pertolongan kepada warga setempat.

Dalam evakuasi itu Anggota Samapta dan Polsek Melak, stanbai di lokasi banjir jalan Di Panjaitan Kelurahan Melak Ilir, tepatnya jalan poros menuju Kampung Empakuq. Adapun ketinggian air daerah tersebut berpariasi mulai selutut dan sepinggang orang dewasa.

“Jika debit air terus meningkat segera lakukan evakuasi dini. Kemudian jika membutuhkan bantuan Polres Kubar kami siap membantu proses evakuasi. Selain itu kita akan melaksanakan patroli rutin guna mengantisipasi terjadi tindaka kriminal berupa pencurian yang dimanfaatkan oknum pada saat banjir,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor. : Redaksi

Publisher : Rina

Loading