Jalin Kebersamaan Antar Umat, Syaparudin: Keberadaan NU di Kubar Sangat Relevan

Caption: Foto bersama PWNU Kaltim dan PCNU Kubar, GP-Ansor dan Banser Kubar, serta MWC-NU 15 Kecamatan di Kubar, dalam kegiatan Safari Ramadhan.

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), melakukan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan ke Pengurus Cabang (PCNU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), berlangsung di Sekretariat PCNU Kubar, Kampung Srimulyo, Kecamatan Sekolaq Darat, Kamis (14/4/2022).

Kegiatan tersebut diawali dengan rapat koordinasi internal, dipimpin Wakil Ketua PWNU Kaltim H Syaparudin dan Wakil Ketua K.H Boechori Noer, bersama pengurus dan Ketua PCNU Kubar Harun Miftahul Arif, S.Pd, Ketua GP-Ansor Kubar Suparlan, S.Pd.I, serta pimpinan Barisan Muda Ansor (Banser) dan para Wakil Majelis Cabang (MWC) di 15 Kecamatan.

Selanjutnya kegiatan buka bersama, sholat magrib dan isya’ berjama’ah, shalat tarawih kemudian dilanjut dengan acara ramah tamah, yang dihadiri Bupati Kubar FX Yapan diwakili Kadishub H Rahmad dan Anggota DPRD Kubar H Suharna, perwakilan Polres dan Kodim 0912 Kubar, juga Petinggi Kampung Srimulyo.

Wakil Ketua PWNU Kaltim H Syaparudin mengatakan, NU merupakan pagar akidah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia, sehingga NU harus mampu memberikan pelayanan bagi umat di berbagai bidang. Oleh karena itu, dirinya juga berpesan ke PCNU Kubar untuk mengedepankan kebersamaan dalam menjalankan tugas organisasi. 

“Saya berpesan kepada semua jajaran pengurus NU agar mampu lebih besar, sehingga diterima oleh semua kalangan masyarakat, walaupun kita memiliki banyak perbedaan. Menurut saya NU di Kubar sangat relevan,” ujar Safarudin dalam safari ramadhan itu.

Tidak hanya itu, Syaparudin yang juga Ketua Tim Walikota Akselarisasi Pembangunan (TWUP) Samarinda itu menegaskan, semua lembaga memiliki visi dan misi sebagai pedoman dalam bekerja, sehingga NU memiliki kerangka dan aturan yang jelas dalam melaksanakan tugas.

“Saya minta semua pengurus PCNU Kubar dapat menjalankan visi dan misi NU sebagai pedoman dalam bekerja. Sehingga memiliki kerangka dan aturan yang jelas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing,” tegas pria asal kelahiran Long Iram ini.

Syaparudin menyebut, dirinya bersama tim rombongan PWNU Kaltim akan melanjutkan Safari Ramadhan ke PCNU Kabupaten Mahakam Ulu, di keesokan harinya pada Jumat (15/4/2022). “Setelah dari sini, besok kita lanjutkan Safari Ramadhan ke wilayah kabupaten perbatasan, yakni Mahakam Ulu,” imbuhnya.

Senada dikatakan K.H Boechori Noer, menyebut melalui safari ramadhan ini, pihaknya sembari mensosialisasikan keputusan hasil rapat PWNU Kaltim agar PCNU di daerah dapat bekerja maksimal dengan penajaman program NU kemasa yang akan datang.

Serta menguatkan misi NU diantaranya, menjaga eksistensi penguatan moderasi beragama atau menguatkan Islam Ahlussunaah Waljamaah A-Nahdliyah dalam bingkai NKRI.

“Kemudian menguatkan tanggung jawab tentang kebangsaan, Mas’uliyah Wathoniyah, untuk mempertahankan kesatuan republik Indonesia agar terus eksis untuk menjalankan agama dengan mengedepankan bangsa NKRI,” pungkasnya.

Sementara Bupati Kubar FX Yapan melalui Kadishub H Rahmad, mengapresiasi kegiatan safari ramadhan PWNU Kaltim bersama PCNU Kubar dalam ajang silaturrahmi di bulan suci ramadhan.

“Melalui safari ramadhan ini menjadi kedekatan dalam menjalin hubungan silaturahmi dengan pengurus PWNU Kaltim. Saya berharap, kunjungan tersebut bisa membawa berkah dan perubahan untuk PCNU Kubar dengan pimpinan pengurus yang baru,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor   : Redaksi

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts